Tujuan Inovasi Pendidikan
Tujuan Inovasi
Pendidikan
Menurut Santoso
tujuan utama inovasi, yakni meningkatkan sumber-sumber tenaga, uang, dan
sarana, termasuk struktur dan prosedur organisasi. Sedangkan tujuan inovasi
pendidikan adalah meningkatkan efisiensi, relevansi, kualitas, dan efektifitas:
sarana serta jumlah peserta didik sebanyak-banyaknya, dengan hasil pendidikan
sebesar-sebesarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan
pembangunan), dengan menggunakan sumber-sumber, tenaga, uang,alat, dan waktu
dalam jumlah yang sekecil-kecilnya.(Zahara Idris & Lisma Jamal, 1992:71)
Sedangkan menurut
Tilaar, hal yang ingin dicapai melalui inovasi-inovasi pendidikan adalah usaha
untuk merubah proses belajar dan mengajar, perubahan didalam situasi
pembelajaran yang menyangkut kurikulum , peningkatan fasilitas belajar dan
mengajar serta peningkatan mutu profesional guru, juga meliputi sistem
administrasi dan manajemen pendidikan secara keseluruhan dan hubungannya dengan
kebijakan nasional seperti masalah relevansi pendidikan (Tilaar, 1999:304)
Sedangkan menurut
Hasbullah secara lebih rinci tentang maksud-maksud diadakannya inovasi pendidikan ini adalah
sebagai berikut:
1. Pembaharuan pendidikan sebagai tanggapan
baru terhadap masalah –masalah pendidikan
2. Pembaharuan pendidikan sebagai upaya untuk
memperkembangkan pendekatan yang lebih efektif dabn ekonomi.(Hasbullah, 2001:
199)