Tujuan Belajar
Tujuan
Belajar
Secara umum,
belajar dilakukan individu untuk mencapai sesuatu yang mempunyai arti baginya.
Tujuan ini dapat diidentifikasi dengan terjadinya perubahan pada individu dan
dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu:
a. Pengetahuan
(knowledge); dalam hal ini sifat
perubahannya adalah kognitif. Perubahan yang diharapkan adalah dari tidak
mengetahui menjadi mengetahui, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dan
sebagainya.
b. Keterampilan
(skill); sifat perubahannya adalah
psikomotorik. Perubahan yang diharapkan adalah dari tidak bisa membuat,
melakukan, membentuk dan sebagainya berubah bisa membuat, melakukan, membentuk
sesuatu, dan sebagainya.
c. Sikap
(attitude); sifat perubahannya adalah
afektif. Perubahan yang diharapkan adalah dari sikap negatif menjadi sikap
positif, dari sikap salah menjadi sikap baik dan sebagainya.
Maka tujuan
belajar bisa dikatakan mengikuti teori Benyamin S. Bloom yang harus menyentuh
tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.