Pendekatan dan Jenis Penelitian
Pendekatan ini membutuhkan
cara yang lebih mendalam dan luwes dalam menggali data lebih-lebih berkaitan
dengan kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi sistem pendidikan.
Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, fenomenologis
dan berbentuk deskriptif.
Furchan ( 1992:21 ) metode
kualitatif adalah "prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif:
ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari orang (subjek) itu
sendiri".
Penelitian diskriptif adalah
penelitian yang menggambarkan isi data yang ada, dalam hal ini adalah
kepemiminan kepala sekolah dalam melakukan inovasi sistem pendidikan di MAN
Kandangan Kab. Kediri.
Hal ini pendapat Meleong (2002:6) bahwa penelitian deskriptif adalah, “laporan
penelitian akan berisi kutipan-kutipan
data untuk memberi gambaran penyajian laporan". Nazir (1988:105)
penelitian deskriptif adalah "studi untuk menemukan fakta dengan
interpretasi yang tepat". Data tersebut berasal dari naskah wawancara,
catatan lapangan, foto, pengamatan dan dokumen.
Bogdan dan Taylor (1975)
dikutip oleh Meleong (2002:3) mendefinisikan “metode kualitatif” sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan
data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan
perilaku yang dapat diamati".
Peneliti menggunakan metode
kualitatif karena ada beberapa pertimbangan antara lain, menjelaskan
"pertama, menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan
kenyataan-kenyataan ganda; kedua, metode ini menyajikan secara langsung hakikat
hubungan antara peneliti dan responden; dan ketiga, metode ini lebih peka dan
lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak
penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola nilai yang dihadapi"
(Meleong, 2002:5).