Pendekatan dan Jenis Penelitian




Pendekatan ini membutuhkan cara yang lebih mendalam dan luwes dalam menggali data lebih-lebih berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi sistem pendidikan. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, fenomenologis dan berbentuk deskriptif.
Furchan ( 1992:21 ) metode kualitatif adalah "prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif: ucapan atau tulisan dan perilaku yang dapat diamati dari orang (subjek) itu sendiri".
Penelitian diskriptif adalah penelitian yang menggambarkan isi data yang ada, dalam hal ini adalah kepemiminan kepala sekolah dalam melakukan inovasi sistem pendidikan di MAN Kandangan Kab. Kediri. Hal ini pendapat Meleong (2002:6) bahwa penelitian deskriptif adalah, “laporan penelitian  akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan". Nazir (1988:105) penelitian deskriptif adalah "studi untuk menemukan fakta dengan interpretasi yang tepat". Data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, pengamatan dan dokumen.
Bogdan dan Taylor (1975) dikutip oleh Meleong (2002:3) mendefinisikan “metode kualitatif”  sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati".
Peneliti menggunakan metode kualitatif karena ada beberapa pertimbangan antara lain, menjelaskan "pertama, menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan-kenyataan ganda; kedua, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden; dan ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak  penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola nilai yang dihadapi" (Meleong, 2002:5).

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot