Prinsip Inovasi Pendidikan
Prinsip
Inovasi Pendidikan
Peter M. Drucker seorang penulis terkenal
dalam bukunya Innovation and
Enterpreneurship mengemukakan
beberapa prinsip inovasi:
1. Inovasi meerlukan analisis berbagai
kesempatan dan kemungkinan yang terbuka. Artinya suatu inovasi hanya dapat
terjadi kalau kita mempunyai kemampuan analisis.
2. Inovasi sifatnya konseptual dan perseptual,
artyinya yang bermula dari suatu keinginan untuk menciptakan sesuatu yang baru
yang dapat diterima masyarakat.
3. Inovasi harus dimulai dengan yang kecil.
Tidak semua inovasi dimulai dengan ide-ide yang sangat besar yang tidak
terjangkau oleh kehidupan nyata manusia. Dari keinginan yang kecil untuk
memperbaiki suatu kndisi atau suatu kebutuhan hidup ternyata kelak mempunya impact yang sangat luas terhadap kehidupan manusia selanjutnya.
4. Inovasi diarahkan kepada kepemimpinan atau
kepeloporan. Inovasi selalu diarahkan bahwa hasilnya akan menjadi suatu pelopor
dari suatu perubahan yang diperlukan. Apabila tidak demikian maka intensi suatu
inovasi kurang jelas dan tidak memperoleh apresiasi dalam masyarakat.(Tilaar,1999:356)