Beberapa ketrampilan yang diperlukan kepala sekolah
- Beberapa ketrampilan yang diperlukan kepala sekolah
Secara umum dapat dikatakan bahwa
setiap kepala sekolah hendaknya memiliki pengetahuan yang luas, kecakapan atau
ketrampilan khusus agar dapat menyelenggarakan program pendidikan dan
pengajaran yang baik. Menurut Soekarto Infachrudin dkk. Mengemukakan bahwa
syarat ketrampilan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah adalah:
1. Kemampuan mengorganisasi dan membantu staf
dalam merumuskan perbaikan pengajaran disekolah dalam bentuk yang lengkap
2. Kemampuan untuk membangkitkan dan memupuk
kepercayaan pada diri sendiri dari guru dan anggota staf lainnya
3. Kemampuan untuk membantu dan memupuk
kerjasama dalam memajukan dan melaksanakan program-program supervisi
4. Kemampuan untuk mendorong dan membimbing
guru serta segenap staf sekolah lainnya agar mereka dengan penuh kerelaan dan
tanggung jawab berpartisipasi secara aktifpada setiap usaha-uasaha sekolah
untuk mencapai tujuan-tujuan itu dengan sebaik-baiknya.(Dirawat Busra Lamhari
1986:80)
Disamping kepala sekolah memiliki
peranan-peranan tersebu, juga dituntut untuk memiliki ketrampilan atau skill
khusus sebagaimana yang dikemukakan oleh Soekarto Indarafachruddin dkk, sebagai berikut:
1.
Kecakapan dalam
mengatur tenaga personil sekolah lainnya seperti konselor, staf tata usaha,
staf penjaga atau pembantu, pemelihara sekolah, mengatur murid dan lain
sebagainya.
2.
Kecakapan
dalam mengatur dan mengadministir alat-alat perlengkapan sekolah dan kecakapan
dalam menggunakan dan memelihara school pland secara efektif dan efisien.
3.
Kecakapan dalam mengadministir keuangan dan pembiayaan
sekolah berdasarkan prinsip –praktek administir keuangan yang modern.
4.
Kemampuan untuk bekerjasama dan menjalin kerjasama dan
menjalin kerjasama antar sekolah dan masyarakat
5.
Kemampuan untuk memimpin dan mempelopori perbaikan dan
pelaksanaan kurikulum sekolah dan perbaikan pengajaran bersama dengan staf yang
dipimpinnya. (Dirawat Busra Lamburi 1986:83)
Berdasarkan
pendapat diatas dapat diambil pengertian bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin
dan pengelola pendidikan harus memiliki kemampuan dan ketrampilan-ketrampilan
khusus untuk memimpin dan mengelola penyelenggaraan sekolah baik yang berkaitan
dengan pengajaran maupun ketrampilan memimpin, membimbing menggerakkan dan
mengendalikan organisasi orang lai dalam organisasi madrasah tersebut yang
meliputi: guru-guru tenaga personil, seperti konselor, staf tata usaha, staf
penjaga, atau pembantu pemelihara sekolah dan personil lainya dibawah pimpinan
kepala sekolah.
Disamping
harus memenuhi persyaratan-persyaratan kecakapan dan ketrampilan tersebut,
kepala sekolah perlu pendidikan khusus untuk perlu persiapan menjadi kepala
sekolah, agar memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dapat dijadikan bekal
dalam menunaikan tugasnya sebagai pemimpin pendidikan.