Beberapa ketrampilan yang diperlukan kepala sekolah



  1. Beberapa ketrampilan yang diperlukan kepala sekolah
            Secara umum dapat dikatakan bahwa setiap kepala sekolah hendaknya memiliki pengetahuan yang luas, kecakapan atau ketrampilan khusus agar dapat menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran yang baik. Menurut Soekarto Infachrudin dkk. Mengemukakan bahwa syarat ketrampilan yang harus dimiliki oleh kepala sekolah adalah:
1.      Kemampuan mengorganisasi dan membantu staf dalam merumuskan perbaikan pengajaran disekolah dalam bentuk yang lengkap
2.      Kemampuan untuk membangkitkan dan memupuk kepercayaan pada diri sendiri dari guru dan anggota staf lainnya
3.      Kemampuan untuk membantu dan memupuk kerjasama dalam memajukan dan melaksanakan program-program supervisi
4.      Kemampuan untuk mendorong dan membimbing guru serta segenap staf sekolah lainnya agar mereka dengan penuh kerelaan dan tanggung jawab berpartisipasi secara aktifpada setiap usaha-uasaha sekolah untuk mencapai tujuan-tujuan itu dengan sebaik-baiknya.(Dirawat Busra Lamhari 1986:80)
            Disamping kepala sekolah memiliki peranan-peranan tersebu, juga dituntut untuk memiliki ketrampilan atau skill khusus sebagaimana yang dikemukakan oleh Soekarto  Indarafachruddin dkk, sebagai berikut:
1.      Kecakapan dalam mengatur tenaga personil sekolah lainnya seperti konselor, staf tata usaha, staf penjaga atau pembantu, pemelihara sekolah, mengatur murid dan lain sebagainya.
2.      Kecakapan dalam mengatur dan mengadministir alat-alat perlengkapan sekolah dan kecakapan dalam menggunakan dan memelihara school pland secara efektif dan efisien.
3.      Kecakapan dalam mengadministir keuangan dan pembiayaan sekolah berdasarkan prinsip –praktek administir keuangan yang modern.
4.      Kemampuan untuk bekerjasama dan menjalin kerjasama dan menjalin kerjasama antar sekolah dan masyarakat
5.      Kemampuan untuk memimpin dan mempelopori perbaikan dan pelaksanaan kurikulum sekolah dan perbaikan pengajaran bersama dengan staf yang dipimpinnya. (Dirawat Busra Lamburi 1986:83)
            Berdasarkan pendapat diatas dapat diambil pengertian bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin dan pengelola pendidikan harus memiliki kemampuan dan ketrampilan-ketrampilan khusus untuk memimpin dan mengelola penyelenggaraan sekolah baik yang berkaitan dengan pengajaran maupun ketrampilan memimpin, membimbing menggerakkan dan mengendalikan organisasi orang lai dalam organisasi madrasah tersebut yang meliputi: guru-guru tenaga personil, seperti konselor, staf tata usaha, staf penjaga, atau pembantu pemelihara sekolah dan personil lainya dibawah pimpinan kepala sekolah.
            Disamping harus memenuhi persyaratan-persyaratan kecakapan dan ketrampilan tersebut, kepala sekolah perlu pendidikan khusus untuk perlu persiapan menjadi kepala sekolah, agar memiliki pengetahuan dan pengalaman yang dapat dijadikan bekal dalam menunaikan tugasnya sebagai pemimpin pendidikan.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot