Konsepsi Manusia Menurut Barat


Konsepsi Manusia Menurut Barat
Asumsi tentang manusia merupakan penentu bagaimana perlakuan yang seharusnya diberikan kepadanya dalam proses belajar. Dilihat dari landasan psikologisnya, terdapat tiga konsepsi manusia dalam Pandangan Barat yang yaitu:
1.      Pandangan Nativisme, berpendapat bahwa perkembangan hidup individu itu semata-mata ditentukan oleh faktor yang dibawa sejak lahir. Salah satu tokohnya adalah Arthur Schopenhouer. Berdasarkan pandangan ini, keberhasilan belajar ditentukan oleh individu itu sendiri. Akibatnya, faktor-faktor eksternal seperti pendidikan, lingkungan sekitar, dan pengalaman tidak ada artinya bagi perkembangan hidup manusia.
2.      Pandangan Empirisme merupakan kebalikan dari aliran nativisme, yang menyatakan bahwa anak sejak lahir belum memiliki sifat bawaan apapun. Oleh karena itu, aliran ini menjadikan faktor eksternal sebagai faktor yang paling dominan terhadap proses perkembangan hidup manusia. Faktor yang disengaja (dalam hal ini usaha pendidikan) dipandang menentukan perkembangan dan baik-buruknya manusia. Tokohnya adalah John Locke yang terkenal dengan teori ”tabula rasa”.
3.       Pandangan Konvergensi atau Interaksionisme yang berpendapat bahwa perkembangan hidup manusia tidak hanya dilihat dari sifat bawaan (hereditas), melainkan juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pendidikan. tokohnya adalah William Stern. Ia berpendapat bahwa seorang anak yang dilahirkan sudah disertai dengan pembawaan baik maupun buruk. Dalam proses perkembangannya, faktor bawaan maupun faktor lingkungan sama-sama mempunyai peranan yang penting.
Berdasarkan pemaparan di atas, maka terdapat perbedaan yang signifikan antar psikolog Barat dalam memandang manusia, yaitu nativisme yang optimis terhadap bakatnya, empirisme yang mengagungkan faktor eksternal dalam pembentukan kepribadian manusia, dan konvergensi sebagai perpaduan antara keduanya. Berpijak dari konsepsi manusia ini akan berimplikasi pada teori belajar.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot