Metode Analisis Data
Metode Analisis Data
Suatu langkah
yang penting setelah pengumpulan data adalah analisa data, sebab dengan analisa
data akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang obyek dan studi hasil studi.
Dalam penelitian
, data yang diperoleh sebagaian besar adalah hasil interview dengan semua pihak
yang terkait dengan pelaksanaan inovasi pendidikan, adapun untuk menganalisis
data yang telah dikumpulkan digunakan teknik analisa data yang sesuai yaitu
analisa data deskriptif kualitatif yang memiliki pengertian bahwa data yang
diperoleh tidak direalisasikan dalam bentuk angka tetapi dalam bentuk uraian
atau gambaran tentang kondisi obyek penelitian, dengan tidak melupakan hasil
dari pengamatan dan interview dalam mengambil keputusan.
Adapun tahapan-tahapan analisis data adalah sebagai berikut:
- Azas analisa selama pengumpulan data
Dalam
analisa data ini, penulis menggunakan teknik sebagai berikut:
a) pengambilan keputusan membatasi
data, b) pembatasan mengenai jenis kajian yang diperoleh, c) mengembangkan
pertanyaan-pertanyaan, d) merencanakan tahapan-tahapan pengumpulan data dengan
memperhatikan hasil pengamatan sebelumnya, e) menulis catatan bagi diri sendiri
mengenai hal yang dikaji.
- Penyajian keabsahan data
Untuk mendapatkan data yang lebih
relevan dan terperinci terhadap data yang telah terkumpul, maka penulis
menggunakan teknik tringulation yaitu pengecekan data
tentang keabsahannya dengan memanfaatkan berbagai sumber data diluar data
tersebut sebagai perbandingan. Tringulasi ini digunakan dengan cara:
a. Tringulasi sumber data yaitu dengan cara
membandingkan pengamatan tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan
inovasi sistem pendidikan di MAN Kandangan dari hasil wawancara dengan
dokumen-dokumen yang dimiliki MAN Kandangan.
b.
Mendiskusikan data yang telah terkumpul dengan pihak-pihak yang memiliki
pengetahuan dan keahlian khususnya dosen pembimbing peneliti.
Adapun
mengenai teknik perolehan data dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Tabel I
Teknik perolehan data dan sumber data di MAN Kandangan
No
|
Metode
|
Data
|
Sumber
|
1
2
3
|
Interview
Pengamatan
Dokumentasi
|
Inovasi manajemen pendidikan
-
kurikulum
-
sarana prasarana
-
strategi belajar mengajar
-
manajemen keuangan
-
pengelolaan siswa
-
pengelolaan tenaga
kependidikan
Kepemimpinan
kepala sekolah
Faktor
penghambat dan pendukung
Upaya kepala
sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru
Inovasi manajemen pendidikan
Keadaan guru
dan siswa
Kepemimpinan
kepala sekolah
Strategi
belajar mengajar
Kondisi
sekolah
Kondisi sarana
dan prasarana
Data guru dan
staf TU
Data siswa
Data sarana
prasarana
Sejarah
berdiri MAN Kandangan
Struktur
organisasi
Visi dan misi
|
Kepala sekolah
Waka kurikulum
Waka sarana
Guru
Kepala sekolah
Waka siswa
Kepala sekolah
Waka, guru,
siswa
Kepala sekolah
dan guru
Kepala sekolah
Waka dan guru
Waka
Waka guru, siswa
“
Waka kurikulum
Waka siswa
Waka sarana
Waka
Kepala sekolah
“
Waka dan guru
Waka dan guru
|