Inovasi Manajemen Pendidikan Di MAN Kandangan Kab. Kediri



Inovasi Manajemen Pendidikan Di MAN Kandangan Kab. Kediri

Abad ke- 21 yang tahapannya sudah dimulai pada masa sekarang ini, ternyata telah memberikan pengaruh yang sangat besar pada dunia pendidikan.  Berbagai aspek yang berkaitan dengan pendidikan, mulai dari materi pelajaran, guru, metode, sarana dan prasarana, lingkunan dan pola hubungan antara guru dan murid perlu ditata ulang untuk disesuaikan dengan tuntutan zaman. 
Berkenaan dengan hal diatas maka perlu dilakukan upaya-upaya, antara lain: Pertama, tujuan pendidikan dimana sekarang tidak cukup dengan hanya memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, dan ketaqwaan saja, tetapi harus berupaya melahirkan manusia yang kreatif, inovatif, mandiri dan produktif. Kedua, guru harus mampu mendayagunakan berbagai sumber informasi yang tersebar ditengah masyarakat. Ketiga, bahan pelajaran umum dan agama perlu diintegrasikan dan diberikan kepada siswa secara utuh yaitu disamping ilmu pengetahuan juga harus berakhlak mulia.(Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A, 2001:94)
Pembaharuan pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif berbeda dari hal (yang sebelumnya) serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan  guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. Definisi diatas dikemukakan oleh Prof. Santoso S. Hamijoyo. (Drs. Cece Wijaya,1988:7)
Inovasi sekolah memiliki arti yang sangat luas, tidak terbatas pada masalah tertentu. Dalam hal ini, sekolah  diharapkan mampu menciptakan iklim yang kondusif bagi perkembangan pribadi peserta didik, tidak menjadi lembaga mekanik, birokratik, dan kaku, tetapi menjadi sebuah lembaga sosial yang organik, demokratik dan inovatif.
Inovasi sekolah tentu saja tidak akan terjadi secara otomatis. Dalam hal ini diperlukan adanya dua syarat dasar, yakni sikap positif terhadap pembaharuan bagi semua komponen dan adanya sumber yang di perlukan untuk mengadakan pembaharuan. misalnya untuk penunjang kegiatan penelitian dengan disediakan sarana sebagai penunjang, sehingga akan lebih luas,cepat, dan tepat  . Substansi inovasi/pembaharuan  di MAN Kandangan Kab. Kediri adalah sebagai berikut:
Next page . . .

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot