Pemrograman Socket



Komunikasi antar proses yang terjadi pada mesin yang sama dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas IPC (Inter Process Communication), antara lain menggunakan pipe, named-pipe, shared memory, message queue. Fasilitas IPC tersebut di atas tidak dapat mendukung komunikasi antara dua proses yang terletak pada mesin yang berbeda. Komunikasi di antara dua proses pada mesin yang berbeda dapat dilakukan melalui jaringan komputer yang menghubungkan kedua mesin. Socket merupakan fasilitas IPC dalam jaringan. BSD Socket merupakan implementasi TCP/IP pada mesin UNIX.
Socket ini merupakan antarmuka ke lapisan TCP/UDP. Operasi Input Output (I/O) socket ini mirip dengan operasi I/O pada file, yaitu menggunakan socket descriptor. Jenis-jenis socket dapat dilihat berdasarkan dua hal, yaitu berdasarkan keaktifannya dan berdasarkan jenis protokolnya. Berdasarkan keaktifannya socket dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a.    Socket aktif
Socket ini digunakan pada sisi Administrator, karena proses komunikasi akan diawali oleh sisi Adminsitrator dengan menghubungi sisi Client.
b.    Socket pasif
   Socket ini digunakan pada sisi Client, karena Client akan menunggu adanya permintaan sambungan dari Administrator. Permintaan sambungan ini ada dua jenis, yaitu sambungan dari proses tertentu (specified foreign socket) dan sambungan dari sembarang proses (unspecified foreign socket).        
Untuk dapat menggunakan socket dalam komunikasi proses antar mesin dalam jaringan diperlukan cara pemanggilan (system call) fungsi untuk socket.  Beberapa  system call yang dapat digunakan adalah pengolahan data atau informasi dilakukan oleh dua jenis proses, yaitu :

a.    Administrator
Adalah suatu proses yang secara aktif meminta layanan dari       proses lain.
b.    Client
Adalah suatu proses yang secara pasif akan menunggu permintaan layanan dari proses lain, kemudian melaksanakan permintaan tersebut, dan memberi tanggapan atas permintaan tersebut.

untuk melihathalaman selanjutnya klik disini

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot