Pola kepemimpinan kepala sekolah MAN Kandangan Kab. Kediri



.  Pola kepemimpinan kepala sekolah MAN Kandangan Kab. Kediri
Seorang pemimpin menempati posisi kunci dalam suatu organisasi. Oleh karena itu maju mundurnya suatu organisasi tergantung kepada bagaimana strategi pengelolaan dari pemimpin itu sendiri.
Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin pendidikan dalam pengelolaan tidak berjalan sendiri. Dengan dibentuknya struktur organisasi guna membantu kinerja dari seorang kepala sekolah. Meskipun demikian kepala sekolah sebagai seorang pemimpin harus mempunyai wibawa dimata bawahannya, agar dalam perjalanannya menjadi sosok figur yang tetap dihormati dan dihargai.
Dari hasil wawancara penulis tanggal 21 Oktober 2005 dengan beberapa guru dan murid menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah MAN Kandangan menerapkan pola kepemimpinan yang demokratis, hal ini dapat diketahui dari setiap usaha beliau dalam mengembangkan MAN Kandangan yang menerima konsep-konsep dan mencari jalan keluarnya dengan para guru atau murid dengan jalan musyawarah untuk mencapai mufakat. Dari sifat keterbukaan inilah menunjukkan adanya kehidupan yang harmonis antara komponen yang ada disekolah MAN Kandangan baik dengan guru, staf, maupun dengan para muridnya.
Lebih jauh kalau kita ingin mengetahui pola kepemimpinan seseorang dapat kita ketahui dari bagaimana ia mengambil keputusan, karena pengambilan keputusan merupaka tugas dari seorang pemimpin yang paling berat. Hal ini dapat dilihat dalam prakteknya seorang pemimpin dibebani tanggung jawab moril untuk memutuskan suatu perkara secara selektif ketika berada ditengah bermacam-macam persoalan yang tidak pasti, belum dikenal ataupun muncul secara mendadak yang tidak diduga-duga. Karena hal inilah maka pengambilan keputusan juga termasuk dalam inti kepemimpinan yang memungkinkan berlangsungnya semua progaram kerja secara selektif dan efisien yang sekaligus mengembangkan empat fungsi  manajerial yaitu merencanakan, mengorganisir, menuntut dan menilai pengadaan evaluasi. Selain pengambilan keputusan, masalah yang perlu mendapat perhatian terhadap kepemimpinan seseorang ialah bagaimana iamelakukan kordinasi dengan bawahannya.
Suatu kenyataan menunjukkan bahwa pemimpin tertinggimempunyai kewibabawaan tertinggi, kekuasaan paling besar dan memiliki tanggung jawab yang paling berat serta sekaligus memikul resiko yang paling berat. Sehingga nasib hidup dan kesejahteraan seluruh bawahannya terletak pada pemimpinnya. Namun sebaliknya, dengan kekuasaan sewenang-wenang akan menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan pada bawahannya.
Berdasrkan hasil penelitian kepala sekolah MAN Kandangan Kb. Kediri adalah figur pemimpin yang memiliki sifat terbuka dan dinamis, sehingga beliau tetap disegani dan dihormati. Sehingga pemimpin yang sejati dalam menghadapi masalah apapun beliau selalu mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum pengambilan keputusan, yang tujuannya untuk mengumpulkan lebih dahulu data-data atau bahan-bahan yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi.
Sebagai konsekwensi kenyataan diatas kepala sekolah MAN Kandangan selalu menampung alternatif-alternatif yang masuk dari bawahannya dengan berbagai pertimbangan dalam argumentasinya masing-masing. Tetapi hal ini bukan berarti beliau tidak mempunyai pendirian yang teguh, justru orang yang berpendirian teguh dan mempunyai wibawa ia harus menerima pandangan dari pendapat orang lain. Hal ini tujuannya adalah apabila pemimpin ingin mengambil kesimpulan dari keputusan tidak mengakibatkan berat sebelah. Dari gambaran diatas menjadi bukti bahwa kepemimpinam kepala sekolah MAN Kandangan Kab. Kediri selain sebagai pemimpin yang memiliki sifat terbuka juga tidak mau menang sendiri meskipun sebagai top leadernya.
Dalam pengamatan peneliti, kepala sekolah dalam menjalankan roda pendidikan di MAN Kandangan sangat efektif. Semua komponen yang ada mulai dari para guru, staf maupun para siswa sendiri sama mendukung. Sehingga dalam perkembangannya beliau tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menjalankan amanah yang diembannya.  Sebagai manusia biasa beliau juga menyadari betapa masih banyak kekurangan dalam mengelola MAN Kandangan selama ini.
Namun, tidak terlepas dari semua itu MAN Kandangan banyak mengalami perubahan-perubahan yang berarti selama kepemimpinan beliau mulai dari tenaga pendidik yang selama ini banyak mengajar yang tidak sesuai dengan bidangnya digantikan oleh para guru-guru baru yang mengajar sesuai dengan bidangnya. Kemudian dengan banyaknya jumlah sarana dan prasarana mulai dari gedung, ruang kelas, laboratorium, sarana dan prasarana olah raga dan idak ketinggalan masjid sebagai wahana peningkatan dunia keagamaan siswa yang kesemuanya itu merupakan salah satu bukti dari keberhasilan kepemimpinan beliau.
Perubahan yang paling berarti pengelolaan siswa yang beliau terapkan dengan sistem masuk full Day yang turut banyak membawa keberhasilan. Tepatnya tahun 2005 kemarin, MAN Kandangan berhasil menorehkan prestasi yang mengharumkan nama sekolah dimata nasional. Dengan masuknya sebagai kategori danem terbaik ditingkat nasional.  
Maka dari itu, menurut pengamatan peneliti selama jabatan kepala sekolah dipimpin oleh beliau banyak sekali muncul inovasi-inovasi  yang membawa dampak positif bagi perkembangan MAN Kandangan kedepan. Dengan banyaknya keberhasilan yang diraih diharapkan dapat lebih memacu prestasi dimasa yang akan datang merupakan salah satu wujud perhatian kepala sekolah dalam dunia pendidikan di MAN Kandangan Kab. Kediri.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot