Pola kepemimpinan kepala sekolah MAN Kandangan Kab. Kediri
.
Pola kepemimpinan kepala sekolah MAN Kandangan Kab. Kediri
Seorang pemimpin menempati posisi kunci dalam suatu organisasi. Oleh
karena itu maju mundurnya suatu organisasi tergantung kepada bagaimana strategi
pengelolaan dari pemimpin itu sendiri.
Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin pendidikan dalam pengelolaan
tidak berjalan sendiri. Dengan dibentuknya struktur organisasi guna membantu
kinerja dari seorang kepala sekolah. Meskipun demikian kepala sekolah sebagai
seorang pemimpin harus mempunyai wibawa dimata bawahannya, agar dalam
perjalanannya menjadi sosok figur yang tetap dihormati dan dihargai.
Dari hasil wawancara penulis tanggal 21
Oktober 2005 dengan beberapa guru dan murid menunjukkan bahwa kepemimpinan
kepala sekolah MAN Kandangan menerapkan pola kepemimpinan yang demokratis, hal
ini dapat diketahui dari setiap usaha beliau dalam mengembangkan MAN Kandangan
yang menerima konsep-konsep dan mencari jalan keluarnya dengan para guru atau
murid dengan jalan musyawarah untuk mencapai mufakat. Dari sifat keterbukaan
inilah menunjukkan adanya kehidupan yang harmonis antara komponen yang ada
disekolah MAN Kandangan baik dengan guru, staf, maupun dengan para muridnya.
Lebih jauh kalau kita ingin mengetahui pola
kepemimpinan seseorang dapat kita ketahui dari bagaimana ia mengambil
keputusan, karena pengambilan keputusan merupaka tugas dari seorang pemimpin
yang paling berat. Hal ini dapat dilihat dalam prakteknya seorang pemimpin
dibebani tanggung jawab moril untuk memutuskan suatu perkara secara selektif
ketika berada ditengah bermacam-macam persoalan yang tidak pasti, belum dikenal
ataupun muncul secara mendadak yang tidak diduga-duga. Karena hal inilah maka
pengambilan keputusan juga termasuk dalam inti kepemimpinan yang memungkinkan
berlangsungnya semua progaram kerja secara selektif dan efisien yang sekaligus
mengembangkan empat fungsi manajerial
yaitu merencanakan, mengorganisir, menuntut dan menilai pengadaan evaluasi.
Selain pengambilan keputusan, masalah yang perlu mendapat perhatian terhadap
kepemimpinan seseorang ialah bagaimana iamelakukan kordinasi dengan bawahannya.
Suatu kenyataan menunjukkan bahwa pemimpin
tertinggimempunyai kewibabawaan tertinggi, kekuasaan paling besar dan memiliki
tanggung jawab yang paling berat serta sekaligus memikul resiko yang paling
berat. Sehingga nasib hidup dan kesejahteraan seluruh bawahannya terletak pada
pemimpinnya. Namun sebaliknya, dengan kekuasaan sewenang-wenang akan
menimbulkan kesengsaraan dan penderitaan pada bawahannya.
Berdasrkan hasil penelitian kepala sekolah
MAN Kandangan Kb. Kediri adalah figur pemimpin yang memiliki sifat terbuka dan
dinamis, sehingga beliau tetap disegani dan dihormati. Sehingga pemimpin yang
sejati dalam menghadapi masalah apapun beliau selalu mempertimbangkan terlebih
dahulu sebelum pengambilan keputusan, yang tujuannya untuk mengumpulkan lebih
dahulu data-data atau bahan-bahan yang berhubungan dengan masalah yang
dihadapi.
Sebagai konsekwensi kenyataan diatas kepala
sekolah MAN Kandangan selalu menampung alternatif-alternatif yang masuk dari
bawahannya dengan berbagai pertimbangan dalam argumentasinya masing-masing.
Tetapi hal ini bukan berarti beliau tidak mempunyai pendirian yang teguh,
justru orang yang berpendirian teguh dan mempunyai wibawa ia harus menerima
pandangan dari pendapat orang lain. Hal ini tujuannya adalah apabila pemimpin
ingin mengambil kesimpulan dari keputusan tidak mengakibatkan berat sebelah.
Dari gambaran diatas menjadi bukti bahwa kepemimpinam kepala sekolah MAN
Kandangan Kab. Kediri
selain sebagai pemimpin yang memiliki sifat terbuka juga tidak mau menang
sendiri meskipun sebagai top leadernya.
Dalam pengamatan peneliti, kepala sekolah
dalam menjalankan roda pendidikan di MAN Kandangan sangat efektif. Semua
komponen yang ada mulai dari para guru, staf maupun para siswa sendiri sama
mendukung. Sehingga dalam perkembangannya beliau tidak terlalu mengalami
kesulitan dalam menjalankan amanah yang diembannya. Sebagai manusia biasa beliau juga menyadari
betapa masih banyak kekurangan dalam mengelola MAN Kandangan selama ini.
Namun, tidak terlepas dari semua itu MAN
Kandangan banyak mengalami perubahan-perubahan yang berarti selama kepemimpinan
beliau mulai dari tenaga pendidik yang selama ini banyak mengajar yang tidak
sesuai dengan bidangnya digantikan oleh para guru-guru baru yang mengajar
sesuai dengan bidangnya. Kemudian dengan banyaknya jumlah sarana dan prasarana
mulai dari gedung, ruang kelas, laboratorium, sarana dan prasarana olah raga
dan idak ketinggalan masjid sebagai wahana peningkatan dunia keagamaan siswa
yang kesemuanya itu merupakan salah satu bukti dari keberhasilan kepemimpinan
beliau.
Perubahan yang paling berarti pengelolaan
siswa yang beliau terapkan dengan sistem masuk full Day yang turut banyak
membawa keberhasilan. Tepatnya tahun 2005 kemarin, MAN Kandangan berhasil
menorehkan prestasi yang mengharumkan nama sekolah dimata nasional. Dengan
masuknya sebagai kategori danem terbaik ditingkat nasional.
Maka dari itu, menurut pengamatan peneliti
selama jabatan kepala sekolah dipimpin oleh beliau banyak sekali muncul
inovasi-inovasi yang membawa dampak
positif bagi perkembangan MAN Kandangan kedepan. Dengan banyaknya keberhasilan
yang diraih diharapkan dapat lebih memacu prestasi dimasa yang akan datang
merupakan salah satu wujud perhatian kepala sekolah dalam dunia pendidikan di
MAN Kandangan Kab. Kediri.