Elemen Dasar SwishMax

Movie
Sebelum kita belajar lebih jauh tentang pembuatan game dengan SwishMax, perlu kita ketahui dulu
elemen-elemen dasar dari sebuah animasi Flash yang dibentuk dari SwishMax. Hal pertama yang arus
kita pahami adalah animasi yang dibuat dengan SwiahMax akan kita sebut dengan movie. Sedangkan
movie itu sendiri terdiri dari satu atau lebih scene, dan setiap scene memiliki satu atau lebih timeline.
Timeline adalah kumpulan beberapa frame. Dari setiap timeline dari sebuah scene dapat kita tepatkan
objek, dan objek itu dapat pula kita beri efek. Efek-efek akan mulai dan berhenti pada frame tertentu
dan dapat dikontrol melalui Script.
Untuk membuat sebuah movie baru, kita tinggal menekan tombol File > New atau menekan
bersamaan tombol CTRL dan tombol N.

Scene
Scene adalah kumpulan dari beberapa objek yang telah diberi efek-efek tertentu dalam sebuah
timeline. Scene baru dapat dibuat dengan menekan tombol Insert > Scene. Untuk menambahkan
sebuah objek ke dalam Scene, kita cukup menekan salah satu objek yang ada pada Tollbox, kemudian
klik atau drag pada Layout Panel dimana kita akan menempatkan objek tersebut.

Timeline dan Frame
Seperti halnya sebuah film biasa, Scene terdiri atas beberapa buah frame yang akan berjalan berurutan
ataupun tidak yang dapat dikontrol melalui perintah pada panel Script. Sedangkan Timeline
merupakan kumpulan dari frame-frame, yang dimulai dari frame sebelah kiri dan berakhir pada frame
sebelah kanan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :


Baris teratas merupakan frame events yang berhubungan dengan action-action pada scene Contoh
diatas adalah Scene_1. Sebuah action akan dijalankan bila movie telah sampai pada frame-frame
tertentu. Dalam satu frame biasanya terdapat satu atau lebih action.
Sedangkan baris-baris dibawahnya merupakan frame yang berhubungan dengan objek-objek yang
ada pada Scene. Baris-baris tersebut ditampilkan dalam urutan tertentu, dimana obyek yang lebih
diatas akan tampil lebih diatas dalam tampilan pada layout. Seperti contoh diatas, obyek “text” akan
tampil diatas obyek “Shape”, begitu seterusnya jika ada obyek-obyek dibawahnya.

Object
Dalam Swishmax dikenal ada dua obyek, yaitu Obyek Sederhana dan Obyek Komplek
Obyek Sederhana
Obyek sederhana hanya mengandung sebuah elemen/elemen tunggal. Obyek sederhana dalam
SwishMax meliputi :
- Shape Objects
- Button Objects
- Sprite Objects
- Instance Objects
- Text Objects (input, dynamic dan static dimana “Target” dicentang)
- Groups Objects (yang diberi nama dan “Target” dicentang)
- Sound Objects
Obyek Komplek
Obyek komplek terbuat dari beberapa shape. Obyek ini meliputi :
- Text Objects (statics dan “Target” tidak dicentang)
- Groups Objects ( yang tidak diberi nama atau “Target” tidak dicentang)

Halaman Selanjutnya...

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot