Tentang SwisHscript

      SwisHscript merupakan pengganti dari Panel Action pada Swish v.2. SwisHscript adalah bahasa
yang digunakan dalam SwisHmax untuk memprogram sebuah movie dan item-itemnya dalam sebuah
movie. SwisHscript dapat digunakan untuk :
- mendifinisikan Action-action yang akan terjadi pada suatu frame tertentu, ketika dua buah
obyek bertemu/bertabrakan, atau ketika kita akan meng-input variable dari file external.
- Mengontrol dalam pemakain suara/sound

- Berinteraktif dengan file-file external seperti PHP, ASP ataupun Text
- Untuk menifinisikan property fisik dari sebuah obyek dan lain-lainnya
SwisHscript inilah bagian yang sangat penting dan menarik dari SwisHmax, karena dengan adanya
script ini banyak yang dapat kita lakukan seolah-olah kita sedang menggunakan suatu bahasa
pemrograman. Ada dua mode yang diberikan , yaitu mode “Guide” yang menampilkan action-action
yang umum dan sering digunakan, dan mode “Expert” yang semua action diketik sendiri. Untuk
pemula lebih baik menggunakan mode guide.
Seperti halnya dalam suatu bahasa pemrograman, SwisHscript juga mengenal istilah yang kita sebut
dengan “variable”. Variabel biasanya digunakan untuk menyimpan suatu nilai, baik berupa masukan
ataupun nilai keluaran/hasil, seperti contoh berikut :
x = 3 + 1
maka varibel “x” akan tersimpan dengan nilai (3+1) atau 4. Jika kita lihat contoh berikut :
y = x * x // y = 16
x= x + 1 // x = 5, dmana nilai x sebelumnya adalah 4
Perlu diperhatikan, dalam SwisHscript tanda // digunakan sebagai area komentar.
Variabel juga dapat digunakan untuk menyimpan nilai berupa teks (variable string) seperti contoh
berikut :
Pesan = “selamat pagi” // pesan= “selamat pagi”

Events
Ada beberapa hal yang perlu dipelajari dari scripting ini yaitu tentang Event dan Actions. Semua
Actions dibangkitkan dari sebuah Event. Event dapat terjadi ketika movie mencapai suatu frame
tertentu, respon dari mouse ataupun keyboard. Sebuah Event dapat memicu lebih dari satu actions.
Untuk meudahkan pemahamannya kita contohkan sebagai berikut : Ketika movie mencapai sebuah
frame atau ketika mouse melewati suatu obyek (event), movie berhenti (Actions Stop) dan
memainkan sebuah .mp3 file (actions play sound). Untuk menambahkan Frame events pada suatu
movie, pilihlah frame dari sebuah obyek, kemudian pilih tab “Script” pada “Panel Layout”, klik
kanan dan pilih Add Script > Events > Frame seperti gambar berikut :

Ada empat tipe dari events, yaitu :
- Frame Events : terjadi ketika movie mencapai frame tertentu, diantaranya adalah :
a. onFrame : Event akan dijalankan saat sebelum frame tertentu.
b. onLoad : Event akan dijalankan ketika Sprite atau Scene dijalankan pertama
kali.
c. onEnterFrame : event akan dijalankan pada setiap frame yang dilalui
- Self Events : terjadi ketika mouse berinteraksi dengan sebuah objek atau saat menekan
sebuah tombol pada keyboard. Hanya obyek yang didefinisikan sebagai target (“Target”
dicentang) yang dapat menggunakan event ini. Macam-macan event ini adalah :

a. onSelftEvent (press) : menekan klik kiri mouse saat kursor diatas obyek
b. onSelftEvent (release) : melepaskan tombol kiri mouse saat kursor diatas
obyek
c. onSelftEvent (roll over) : memindahkan kursor mouse dari luar obyek ke atas
obyek tanpa menekan mouse
d. onSelftEvent (roll out) : memindahkan kursor mouse dari obyek ke luar obyek
tanpa menekan mouse
e. onSelftEvent (drag over) : memindahkan kursor mouse dari luar obyek ke atas
obyek dengan kondisi tombol kiri mouse ditekan
f. onSelftEvent (drag out) : memindahkan kursor mouse dari obyek ke luar
obyek dengan kondisi tombol kiri mouse ditekan
g. onSelftEvent (release out) : melepaskan tombol kiri mouse setelah
memindahkan kursor keluar dari obyek
h. onSelftEvent (keypress) : saat tombol pada keyboard ditekan.
- Button Events : terjadi ketika mouse berinteraksi dengan sebuah objek atau saat menekan
sebuah tombol pada keyboard. Penambahan Button Event pada sebuah obyek akan membuat
obyek tersebut diperlakukan seperti sebuah Button/tombol.
Events ini mirip sekali dengan Selt Event, sehingga penulis tidak mendiskripsikannya
satu-persatu lagi.
- Text Event yang hanya terdiri dari satu event yaitu “onChange”, berlaku jika ada
perubahan pada suatu text.

Actions
Actions adalah sebuah perintah yang dipicu oleh sebuah event. Action dapat mengubah permainan
dari movie, memainkan atau menghentikan suara/sound, memanggil movie atau halaman web lain,
atau berkomunikasi dengan browser host atau player. Property Action berada bersamaan dengan
Event, dengan mengklik kanan tombol mouse pada sebuah event.
Berikut adalah action-action yang ada pada mode Guide yang akan digunakan dalam pembuatan
game pada bab berikutnya, antara lain :
- Stop : digunakan untuk menghentikan movie atau sprite yang sedang dimainkan.
- Goto and Play : digunakan untuk menuju frame tertentu. Frame ini dapat berada dalam
scene yang sama, scene lain atau dalam sprite.

- If : digunakan untuk mengecek suatu varibel yang bernilai true atau false.
- Else : mengeksekusi alternative statement dari action If
- For : adalah sebuah perintah pengulangan yang bersyarat. For memiliki tiga elemen, yang
pertama menyatakan kondisinya, yang kedua adalah syarat yang akan dieksekusi, dan yang
ketiga adalah pengulangannya.


Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot