Perintah AT (AT Command)



Perintah AT merupakan media komunikasi antara ponsel dengan PC. Perintah AT ini dapat digunakan untuk menulis, mengirim, membaca SMS, dan mengambil data yang ada pada ponsel maupun menjalankan aplikasi tertentu di ponsel. Antara ponsel dan komputer diperlukan kabel data untuk melakukan perintah AT. Perintah ini mengacu pada spesifikasi ETSI  GSM 07.07 dan GSM 07.05 atau sesuai dengan spesifikasi yang diberikan oleh perusahaan pembuat ponsel (http://www.etsi.org,juli 2006) .
Perintah AT sebenarnya hampir sama dengan perintah > (prompt) pada DOS (Disk Operating System). Perintah-perintah yang dimasukkan ke port dimulai dengan kata AT, lalu diikuti oleh karakter lainnya yang mempunyai fungsi-fungsi unik. Beberapa contoh perintah AT  yang penting untuk mengatur SMS dapat dilihat pada Tabel 2.6. Penjelasan secara lebih lengkap mengenai penjelasan fungsi-fungsi perintah AT ponsel Siemens M 35i dan cara penggunaannya dapat dilihat di lampiran laporan Tugas Akhir ini, sehingga dapat dicoba perintah AT yang diperlukan untuk aplikasi yang diinginkan.
Sebenarnya terdapat dua cara dalam pengiriman dan penerimaan pesan SMS yaitu mode teks dan mode PDU tergantung dari fasilitas yang ada pada ponsel yang digunakan. Namun untuk ponsel Siemens seri M 35i, penerimaan dan pengiriman pesan SMS hanya bisa dilakukan dalam mode PDU. Pada mode PDU ini pesan dikirim dan diterima berisi PDU string yang tidak hanya berisi pesan saja tetapi juga beberapa bagian lain seperti SMSC.  Keuntungan dari mode PDU yaitu dapat melakukan enkoding sendiri yang harus didukung pula oleh perangkat keras dan operator GSM, selain itu dengan mode PDU dapat melakukan kompresi data, menambahkan nada dering, dan gambar pada pesan yang akan dikirimkan. Tabel 2.6 menunjukkan beberapa perintah AT yang digunakan untuk mengatur SMS.

Tabel 2.6  Beberapa perintah AT  untuk mengatur SMS.
Perintah AT
Keterangan
AT+CMGR=<mem>(Enter)
Digunakan untuk membaca SMS pada lokasi memori tertentu. Lokasi memori ini ditunjukkan oleh <mem>. Jadi AT+CMGR=1 menunjukkan sms yang dibaca adalah SMS pada lokasi memori 1
AT+CMGL=<stat>(Enter)
Digunakan untuk membaca SMS dengan status tertentu yang ditunjukkan oleh <stat> dan ditampilkan dalam bentuk daftar.
<stat> :   0 = SMS terima belum terbaca
1 = SMS terima sudah terbaca
2 = SMS tersimpan belum dikirim
3 = SMS tersimpan dan sudah terkirim
4 = semua SMS
AT+CMGD=<mem>(Enter)
Digunakan untuk menghapus SMS pada lokasi memori tertentu yang ditunjukkan oleh <mem>
AT+CMGF=<mode>
Digunakan untuk mengatur format SMS yang ditunjukkan oleh <mode>.
<mode> :  0 = PDU mode
                  1 = Teks mode
AT+CSCA=?
Digunakan untuk mengetahui nomor SMSC

Beberapa perintah AT yang terdapat pada Tabel 2.6 digunakan untuk menulis, mengirim, dan membaca SMS. Perintah AT+CMGR=1 digunakan untuk membaca SMS pada lokasi memori dengan indeks 1 pada inbox ponsel. Perintah AT+CMGL=0 digunakan untuk membaca SMS dengan status belum terbaca dan ditampilkan dalam bentuk daftar.
Untuk dapat mencoba penggunaan perintah AT dengan menggunakan perangkat lunak Hyper Terminal yang ada pada OS (Operation System) Windows. Gambar 2.10 menunjukkan penggunaan perintah AT dengan menggunakan perangkat lunak Windows Hyper Terminal.

untuk melihat halaman selanjutnya klik disini


 








Hyper Terminal merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirimkan perintah AT dari komputer ke ponsel dan menerima respon dari ponsel. Data pada ponsel dapat diketahui dengan mengirimkan perintah AT yang sesuai, sebagai contoh perintah AT+CMGR=1 digunakan melihat data PDU pada kotak masuk ponsel dengan indek 1. Hyper Terminal akan menerima respon “OK” dari ponsel apabila data pada ponsel dapat diambil

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot