Perbedaan Autisme dan Cacat Mental


Selama ini, masyarakat banyak yang beranggapan penyakit autis sama dengan cacat mental, padahal antara autis dan cacat mental sangat jauh perbedaannya. Walaupun autis juga sama-sama sulit dalam berkomunikasi, tetapi dalam perkembangannya, pada situasi tertentu anak-anak autis bisa lebih cerdas membahas sesuatu, melebihi anak-anak normal biasanya.
Dalam diri seorang autis, saraf-saraf yang ada di dalam organ tubuh tidak bekerja secara wajar layaknya orang normal lainnya, artinya salah satu atau lebih dari fungsi saraf yang terdapat pada diri autis mengalami kelebihan “kadar” atau bahkan sebaliknya mengalami kekurangan “kadar”, akibatnya fungsi saraf itu tidak bisa bekerja secara maksimal seperti orang kebanyakan.
Misalnya, dalam diri autis terdapat kelebihan fungsi saraf motorik sehingga anak ini menjadi sangat aktif dan bahkan hiperaktif, tapi disisi lain anak ini mengalami kekurangan fungsi saraf sensorik sehingga anak ini menjadi kurang bisa berkomunikasi dengan sesamanya. Ada juga seorang autis yang mempunyai kelebihan dalam hal memecahkan segala sesuatu, suka melakukan hal-hal baru, tapi disisi lain anak ini cenderung melakukannya sendirian, senang menyendiri dan akan marah jika ada orang lain membantunya. Dan masih banyak lagi fenomena-fenomena unik yang bisa dijumpai dalam diri seorang autis.
Hal ini sangatlah berbeda dengan apa yang dialami oleh seorang tunagrahita yang memang pada dasarnya sudah mengalami keterbelakangan mental sejak dini. Apa yang dialami tunagrahita sangatlah beda dengan apa yang dialami oleh penyandang autis.
Seorang yang mengalami keterbelakangan mental (tunagrahita), fungsi saraf organ tubuh yang ada dalam dirinya memang mengalami penurunan organ saraf sehingga mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan orang itu akan terlambat dan terhambat. Biasanya, seorang tunagrahita itu lambat dalam berfikir, lambat dalam memecahkan sebuah masalah, kurang aktif, dll.
Dari keterangan diatas nampak jelas bahwa autisme dan cacat mental sangat jauh perbedaannya, baik dari segi gejala-gejalanya maupun ciri-ciri yang nampak pada kedua penyakit tersebut.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot