Pages

Senin, 25 Maret 2013

Pengertian Pendidikan



   b. Pengertian Pendidikan
Kata “Pendidikan” yang terangkai dalam “kepemimpinan pendidikan” disamping dapat diartikan sebagai proses, juga dapat diartikan sebagai proses, juga dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan. Pada hakikatnya pendidikan adalah usaha sadar untuk pengembangan kepribadian dan kemampuan si terdidik didalam dan diluar sekolah dan berlangsung seumur hidup. Oleh karena itu agar pendidik dapat dimiliki oleh seluruh rakyat sesuai dengan kemampuan setiap individu, maka pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah.
Dalam hal ini penulis kemukakan beberapa pendapat mengenai pengertian pendidikan sebagai berikut:
Noor Syam dalam bukunya pengantar dasar-dasar pendidikan mengemukakan:  “ Pendidikan berarti suatu proses mendidik sebagaimana pengertian pendidikan yang telah dikenal sehari-hari, yaitu usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaannya” (Noor Syam, 1981:2).
Dalam buku Pengantar kepemimpinan pendidikan mengemukakan: Pendidikan berarti ilmu pengetahuan yang membahas tentang hakikat dan kegiatan mendidik dan mengajar atau membahas tentang prinsip-prinsip dan praktek-praktek mendidik dan mengajar  (Dirawat dkk., 1983:32).
Dari kedua pengertian diatas, apabila pengertian kepemimpinan  dipadukan dengan pengertian pendidikan, maka akan muncul pengertian kepemimpinan pendidikan sebagaimana dikemukakan oleh Dirawat dkk. Bahwa kepemimpinan pendidikan didefinisikan sebagaimana satu kemampuan dan proses mempengaruhi, membimbing, mengkoordinir dan menggerakkan orang lain yang ada hubungan dengan pengembangan ilmu pendidikan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, supaya kegiatan kegiatan yang dijalankan dapat lebih efisien dan efektif didalam pencapaian tujuan pendidikan pengajaran  (Hendiyat Soetopo, 1988:4).
Berdasarkan pengertian kepemimpinan diatas dapat penulis formulasikan sebagai berikut : Kepemimpinan pendidikan adalah keseluruhan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian serta keeluruhan proses dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat lebih efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran seoptimal mungkin.
Kemudian dari pengertian pendidikan sebagaimana tersebut diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa orang yang disebut sebagai seorang pemimpin pendidikan adalah orang yang memiliki kemampuan, kesiapan dan kepribadian yang mendukung terhadap usahanya untuk mempengaruhi orang lain itu atau kelompoknya berbuat sesuatu yang dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan dan pengajaran.
Berkaitan dengan tujuan pendidkan dan pengajaran merupakan salah satu komponen dalam pendidikan harus mampu memahami dan menjelaskan tujuan pendidikan dan pengajaran mulai dari tujuan nasional hingga tujuan instruksional, dari tujuan umum maupun khusus, bahkan bilamana diperlukan harus mampu menjabarkan tujuan umum menjadi tujuan khusus yang realistis dan obyektif, yakni tujuan yang benar-benar mungkin dicapai sesuai dengan tenaga yang ada, biaya, waktu dan struktur serta prosedur kerja yang dapat dikembangkan.
Adapun yang penulis maksudkan dengan kepemimpinan pendidikan dalam pembahasan ini, sesuai dengan judul skripsi “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melakukan Inovasi Manajemen Pendidikan di MAN Kandangan Kab. Kediri adalah kepemimpinan kepala madrasah yang merupakan pucuk kepemimpinan dalam suatu madrasah.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik