Pengaturan Fluks Medan Pada Stator



            Arus medan dan juga fluksi medan dalam motor dapat diubah dengan mengatur tahanan geser medan yang dihubungkan secara seri dengan medan shunt. Dengan menaikkan tahanan dalam medan akan menyebabkan penurunan fluksi medan dan arus medan. Sama halnya, menurunkan tahanan rangkaian medan akan menyebabkan berkurangnya kecepatan. Pengaturan arus medan ini merupakan metode yang paling umum digunakan dan merupakan salah satu keuntungan yang menonjol dari motor-motor shunt. Metode ini tentu saja dapat di terapkan pada motor-motor kompon. Pengaturan arus medan, yang berarti mengatur fluks dan kecepatannya dengan cara mengatur tahanan dari rangkaian medan shunt. Bila medan penguatnya secara terpisah, merupakan cara yang mudah dikerjakan, murah dan tanpa banyak perubahan pada kerugian-kerugian motor.

      Kecepatan terendah  dicapai adalah yang bersangkutan dengan arus medan terbesar. Sedangkan kecepatan tertinggi dibatasi oleh efek dari reaksi kumparan jangkar yang disebabkan oleh adanya medan yang lemah sehingga motor menjadi tidak mantap atau jelek komutasinya. Dengan menambah suatu lilitan penstabil (stabilizing winding), rentang kecepatan dapat dinaikkan dengan cukup besar. Motor DC yang menggunakan pengaturan kecepatan berupa reostat-medan shunt dinamakan penggerak daya kuda tetap (Constant Hourse Power Drive). Sebaliknya besarnya momen kakas berubah-ubah sesuai dengan perubahan dari fluksi sehingga harga tertingginya yang di perbolehkan terdapat pada kecepatan terendah.



untuk melihat halaman selanjutnya klik disini

Popular posts from this blog

Cara Mengukur Trimpot

Bagian-bagian Laptop Assus

Cara Mengatasi E31 Canon MP258