Penerapan DFS Dalam Permainan Halma & Sejarah Halma



Penerapan DFS Dalam Permainan Halma
Pada permainan halma proses pencarian langkah terpendek digunakan metode Depth First Search, proses pencarian dari awal dengan menelurusi kedalam sejauh mungkin sebelum kembali ke pencarian awal. Metode ini digunakan untuk mencari langkah terpendek yang ditempuh oleh biji pemain ke daerah tujuan.

Sejarah Halma
Halma ditemukan oleh seorang profesor berkebangsaan Amerika dari Boston, Dr. George Howard Monks (1853 – 1933) diantara tahun 1883 dan 1884. Monk adalah seorang ahli bedah spesifikasi bagian dada di Harvard Medical School. Saudara George, Robert Monks berada di Inggris pada tahun 1883 atau 1884 dan Robert menulis surat kepada saudaranya dan mendeskripsikan permainan Inggris ‘Hoppity’. G.W. Monks mengambil beberapa ketentuan dari Hoppity dan membangun Halma.
Dr. Thomas Hill (1818 – 1891), seorang ahli matematika, guru dan pendeta, membantu merancang permainan ini. Dr. Thomas Hill menamakan permainan ini ‘Halma’ yang berasal bahasa Yunani yang berarti melompat. Hill adalah presiden dari Harvard College antara tahun 1862 – 1868 dan merupakan ayah mertua dari Robert Monks.
Halma pertama kali dipublikasi di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1885 oleh E.I. Horsman Company. Terdapat kontroversi pada Halma di AS, dimana Milton Bradley Company juga mengklaim hak atas permainan ini. Tidak jelas apakah terjadi perang hak legal, tetapi kemudian Milton Bradley memproduksi dan memasarkan versi modifikasi dari Halma dengan nama Eckha pada tahun 1889.
Parker Bros mengklaim bahwa George H. Monks menjual hak paten atas Halma kepada mereka, namun hal itu tidak diverifikasi.
Di Inggris, Spears Co. memproduksi permainan Halma pada bulan Juli 1893. Halma adalah satu-satunya permainan klasik pada abad 19 yang berasal dari Amerika Serikat dan dikenal secara internasional.

Popular posts from this blog

Cara Mengukur Trimpot

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Persamaan Transistor Amplifier