Penerapan DFS Dalam Permainan Halma & Sejarah Halma
Penerapan DFS Dalam Permainan Halma
Pada
permainan halma proses pencarian langkah terpendek digunakan metode Depth First Search, proses pencarian
dari awal dengan menelurusi kedalam sejauh mungkin sebelum kembali ke pencarian
awal. Metode ini digunakan untuk mencari langkah terpendek yang ditempuh oleh
biji pemain ke daerah tujuan.
Sejarah
Halma
Halma
ditemukan oleh seorang profesor berkebangsaan Amerika dari Boston, Dr. George Howard Monks (1853 – 1933)
diantara tahun 1883 dan 1884. Monk adalah seorang ahli bedah spesifikasi bagian
dada di Harvard Medical School.
Saudara George, Robert Monks berada di Inggris pada tahun 1883 atau 1884 dan
Robert menulis surat kepada saudaranya dan mendeskripsikan permainan Inggris ‘Hoppity’. G.W. Monks mengambil beberapa
ketentuan dari Hoppity dan membangun Halma.
Dr.
Thomas Hill (1818 – 1891), seorang ahli matematika, guru dan pendeta, membantu
merancang permainan ini. Dr. Thomas Hill menamakan permainan ini ‘Halma’ yang berasal bahasa Yunani yang
berarti melompat. Hill adalah presiden dari Harvard College
antara tahun 1862 – 1868 dan merupakan ayah mertua dari Robert Monks.
Halma pertama kali dipublikasi di
Amerika Serikat (AS) pada tahun 1885 oleh E.I.
Horsman Company. Terdapat kontroversi pada Halma di AS, dimana Milton
Bradley Company juga mengklaim hak atas permainan ini. Tidak jelas apakah
terjadi perang hak legal, tetapi kemudian Milton
Bradley memproduksi dan memasarkan versi modifikasi dari Halma dengan nama Eckha pada tahun 1889.
Parker Bros mengklaim bahwa George H.
Monks menjual hak paten atas Halma
kepada mereka, namun hal itu tidak diverifikasi.
Di
Inggris, Spears Co. memproduksi
permainan Halma pada bulan Juli 1893.
Halma adalah satu-satunya permainan klasik pada abad 19 yang berasal dari
Amerika Serikat dan dikenal secara internasional.