Notasi dan Artifak Dalam UML

Notasi dan Artifak Dalam UML

 Actor
Actor menurut Hermawan (2004:14) adalah segala
sesuatu yang berinteraksi dengan sistem aplikasi komputer. Jadi
actor ini bisa berupa orang, perangkat keras , atau mungkin juga
obyek lain dalam sistem yang sama. Biasa nya yang dilakukan
oleh actor adalah memberikan informasi pada sistem dan atau
memerintahkan sistem untuk melakukkan sesuatu.

Notasi actor dapat dilihat pada gambar 2.2 di bawah ini :

Class
Class menurut Hermawan (2004:14) merupakan
pembentuk utama dari sistem berorientasi obyek, karena class
menujukan kumpulan obyek yang memiliki atribut dan operasi
yang sama. Class digunakan untuk mengimplementasikan
interface. Notasi class dapat dilihat pada gambar 2.3 di bawah ini
:
Notasi Aktor


Gambar 2.3 Notasi class
Class digunakan untuk mengabstraksikan elemen dari
sistem yang sedang di bangun. class bisa untuk merepresentasikan
baik perangkat lunak maupun prangkat keras, baik konsep
maupun benda nyata.
Notasi class berbentuk persegi panjang berisi tiga bagian
persegi paling atas untuk nama class, persegi panjang paling
bawah untuk operasi, dan persegi panjang di tengah untuk atribut.
Atribut digunakan untuk menyimpan informasi. Nama
atribut menggunakan kata benda yang dapat dengan jelas
merepresentasikan infomasi yang di simpan di dalamnya. Operasi
menunjukan sesuatu yang bisa di lakukan oleh obyek. Dan
menggunakan kata kerja.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot