Mixer Behringer Volume Master

Mixer Behringer mempunyai beberapa Potensio model geser dan untuk mencari ganti potensio yang seperti ini sangatlah susah. Gejala yang timbul apabila potensio mengalami kerusakan adalah tidak berfungsinya volume yang kali ini kebetulan ada pada bagian master-nya. Terkadang jika kita goyangkan sedikit volume bisa normal atau mungkin kita agak tekan tuas geser potensio-nya. Kali ini kita akan adakan perbaikan untuk potensio geser-nya adapun caranya adalah sebagai berikut :
mainboard-mixer-behringer-300x225
Paling awal adalah kita lepaskan dahulu potensio geser dari mainboard mixer-nya dan untuk yang satu ini kita agak mengalami kesulitan karena PCB mengadopsi sistem 2 layer/ atas bawah. Setelah potensio geser bisa kita lepaskan maka tahap berikutnya kita lakukan pelepasan beberapa komponen yang ada di potensio geser-nya yang nantinya akan terlihat seperti gambar di bawah ini :
potensio-geser-mixer-Behringer-300x225
Setelah terpisah seperti kita lihat dalam gambar maka selanjutnya kita lakukan pembersihan arang karbon dengan menggunakan cotton bud lakukan ini secara perlahan dan hentikan setelah terlihat lapisan arang karbon terlihat mengkilap, tahap selanjutnya adalah meluruskan elektroda yang ada dibagian tuas karena sering terjadi karena tekanan yang terlalu keras membuatnya tidak balik ke posisi semula. Seperti ini tampilannya :
potensio-geser-mixer-behringertuas-300x134
Untuk memperbaiki hal ini adalah dengan menyamakan ketinggiannya saja, setelah sama bisa kita pasangkan kembali ke posisi semula. Setelah tersusun rapi potensio geser yang tadi kita buka tahap selanjutnya kita lakukan pengukuran untuk memastikan potensio geser sudah bisa berfungsi kembali dengan cara gunakan multitester dengan batas ukur X10 dan letakkan prob merah pada kaki potensio no 3 dan geser potensio ke arah bawah lalu tempelkan prob hitam di kaki potensio no 4 jika pada multitester kita lihat hasil pengukuran 0 ohm maka kita sudah bisa pastikan potensio geser sudah dalam kondisi baik.
Sekarang tinggal kita pasangkan kembali potensio geser ke mainboard mixer Behringer dan selanjutnya kita lakukan pengetesan. Kita coba hidupkan mixer Behringer-nya lalu masukan input dan kita besarkan volume master-nya ? Alhamdulillah sistem volume sudah kembali normal, perbaikan untuk yang satu ini agak memakan waktu kita mesti hati-hati sekali karena kalau sampai terjadi kesalahan akan sangat merepotkan, itu karena spare-part yang susah di carinya.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot