Implementasi Sistem, Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak & Pengujian Program



     Implementasi Sistem
Implementasi sistem dalam aplikasi game ini mencakup spesifikasi kebutuhan perangkat keras (hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (software).

   Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Program ini dijalankan dengan menggunakan perangkat keras (hardware) yang direkomendasikan sebagai berikut :
1.            Prosesor Intel Pentium IV 2.26 GHz.
2.            Memory 256 MB.
3.            Harddisk 40 GB.
4.            VGA card 32 MB.
5.            Monitor dengan resolusi 800 X 600 pixel.
6.            Keyboard dan  Mouse
7.            LAN – Card 100 Mbps dan adanya sistem jaringan (networking).
Adapun perangkat lunak (software) yang direkomendasikan untuk menjalankan aplikasi ini adalah lingkungan sistem operasi MS-Windows NT/2000/XP.





      Pengujian Program
Klik pada file Halma.exe ataupun icon bertanda  . Setelah itu akan muncul tampilan Splash Screen Halma kemudian klik di bagian frame untuk masuk ke dalam program.
Gambar 4.1  Tampiln Splash Screen Halma








Setelah itu akan muncul Tampilan Pengaturan Koneksi. Apabila anda memulai permainan sebagai server ( host ) maka perlu mengisi Nama Anda, Nomor Port yang digunakan dan menentukan jumlah pemain kemudian tekan tombol mulai. Apabila anda bergabung sebagai host maka anda harus mengisi Nama Anda, IP Address Server dan Nomor Port sesuai dengan Server, kemudian tekan tombol gabung.

Gambar 4.2  Tampilan Pengaturan Koneksi


Kemudian masuk kedalam Setting Permainan. Permainan dapat ditentukan dengan memakai timer atau tidak dan dapat diset waktu timernya sesuai keinginan dan level permainan dapat dipilih antara beginner dan expert. Apabila semua koneksi telah tersambung maka permainan dapat dimulai dengan menekan tombol mulai. Semua settingan diatur oleh server.
Gambar 4.3 Tampilan Setting Koneksi Permainan Halma Untuk 2 Pemain

Gambar 4.4 Tampilan  setting koneksi permainan Halma untuk 3 pemain








Apabila permainan dimainkan oleh 2 pemain, maka letak biji pemain saling berhadapan. Sedangkan untuk 3 pemain, maka letak biji sesuai dengan daerah warnanya masing-masing. Cara melangkah adalah memilih 1 biji yang akan digeser dengan klik kiri pada mouse dan tekan terus kemudian didrag atau dipindahkan ke tempat tujuan yang diperbolehkan kemudian lepaskan.
Gambar 4.5 Tampilan board Halma untuk 2 pemain

Gambar 4.6 Tampilan board Halma untuk 3 pemain







Apabila permainan menggunakan timer maka pemain yang mendapat giliran tidak boleh melewati dari waktu yang ditentukan dan akan diganti giliran pemain lain.
Gambar 4.7 Tampilan Permainan Salah Satu Pemain Kehabisan Waktu




Pemain dapat menggunakan fasilitas penunjuk langkah yang dapat diambil oleh biji yang akan dijalankan dengan cara klik kanan pada biji tersebut.
Gambar 4.8 Tampilan  langkah – langkah yang dapat diambil oleh biji yang ditandai ‘x’





Pemain yang duluan memindahkan seluruh bijinya ke tujuan rumah dinyatakan sebagai pemenang.
Gambar 4.9 Tampilan Pemain Dengan Biji Kuning Menang (Game)

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot