Implementasi Sistem, Spesifikasi Perangkat Keras dan Perangkat Lunak & Pengujian Program
Implementasi
Sistem
Implementasi sistem dalam aplikasi game ini
mencakup spesifikasi kebutuhan perangkat keras (hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (software).
Spesifikasi
Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Program
ini dijalankan dengan menggunakan perangkat keras (hardware) yang direkomendasikan sebagai berikut :
1.
Prosesor Intel Pentium IV 2.26 GHz.
2.
Memory 256 MB.
3.
Harddisk 40 GB.
4.
VGA card 32
MB.
5.
Monitor dengan resolusi 800 X 600 pixel.
6.
Keyboard dan
Mouse
7.
LAN – Card 100 Mbps dan adanya sistem jaringan (networking).
Adapun perangkat lunak (software)
yang direkomendasikan untuk menjalankan aplikasi ini adalah lingkungan sistem
operasi MS-Windows NT/2000/XP.
Pengujian
Program
Klik
pada file Halma.exe ataupun icon bertanda .
Setelah itu akan muncul tampilan Splash Screen Halma kemudian klik di bagian
frame untuk masuk ke dalam program.
Gambar 4.1 Tampiln Splash Screen Halma
Setelah
itu akan muncul Tampilan Pengaturan Koneksi. Apabila anda memulai permainan
sebagai server ( host ) maka perlu mengisi Nama Anda, Nomor Port
yang digunakan dan menentukan jumlah pemain kemudian tekan tombol mulai.
Apabila anda bergabung sebagai host maka anda harus mengisi Nama Anda, IP
Address Server dan Nomor
Port sesuai dengan
Server, kemudian tekan tombol gabung.
Gambar 4.2 Tampilan Pengaturan Koneksi
Kemudian
masuk kedalam Setting Permainan. Permainan dapat ditentukan dengan memakai timer
atau tidak dan dapat diset waktu timernya sesuai keinginan dan level permainan
dapat dipilih antara beginner dan expert. Apabila semua koneksi telah
tersambung maka permainan dapat dimulai dengan menekan tombol mulai. Semua
settingan diatur oleh server.
Gambar 4.3 Tampilan Setting
Koneksi Permainan Halma Untuk 2 Pemain
Gambar 4.4 Tampilan setting koneksi permainan Halma untuk 3 pemain
Apabila
permainan dimainkan oleh 2 pemain, maka letak biji pemain saling berhadapan.
Sedangkan untuk 3 pemain, maka letak biji sesuai dengan daerah warnanya
masing-masing. Cara melangkah adalah memilih 1 biji yang akan digeser dengan
klik kiri pada mouse dan tekan terus kemudian didrag atau dipindahkan ke tempat
tujuan yang diperbolehkan kemudian lepaskan.
Gambar 4.5 Tampilan board
Halma untuk 2 pemain
Gambar 4.6 Tampilan board
Halma untuk 3 pemain
Apabila
permainan menggunakan timer maka pemain yang mendapat giliran tidak boleh
melewati dari waktu yang ditentukan dan akan diganti giliran pemain lain.
Gambar 4.7 Tampilan Permainan
Salah Satu Pemain Kehabisan Waktu
Pemain
dapat menggunakan fasilitas penunjuk langkah yang dapat diambil oleh biji yang
akan dijalankan dengan cara klik kanan pada biji tersebut.
Gambar 4.8 Tampilan langkah – langkah yang dapat diambil oleh biji
yang ditandai ‘x’
Pemain
yang duluan memindahkan seluruh bijinya ke tujuan rumah dinyatakan sebagai
pemenang.
Gambar 4.9 Tampilan Pemain
Dengan Biji Kuning Menang (Game)