Format File BMP



    Format File BMP
            BMP adalah format file gambar standar untuk sistem operasi Windows. Format file ini dikembangkan oleh Microsoft untuk menyimpan gambar (bitmap) dan memungkinkan Windows untuk menampilkan kembali gambar tersebut. Struktur dari file BMP terdiri dari BitmapFileHeader yang mengandung informasi mengenail file, BitmapInfoHeader yang menyimpan informasi mengenai gambar (seperti dimensi, warna dan lain – lain), tabel warna yang didefinisikan sebagai array dari struktur RGBQUAD, dan sisanya adalah data gambar.
            Tabel berikut ini akan memperlihatkan informasi lengkap mengenai struktur file BMP untuk gambar yang berukuran 100 x 100 piksel, 256 warna, dan tanpa kompresi. Kolom mulai berisi posisi byte di dalam file dimana elemen data dari struktur yang dijelaskan dimulai. Kolom ukuran berisi jumlah byte yang digunakan oleh elemen data tersebut. Kolom nama berisi nama dengan elemen data sesuai dengan dokumentasi Microsoft API. Kolom nilai standar berisi nilai standar yang mungkin terisi pada elemen data tersebut. Kolom keterangan berisi penjelasan singkat mengenai elemen data yang dimaksud.

Tabel 2.1 Struktur BitmapFileHeader
Mulai
Ukuran (Byte)
Nama
Nilai Standar
Keterangan
1
2
BfType
19778
ASCII = ‘BM’.
3
4
BfSize
?
Ukuran file dalam byte.
7
2
BfReserved1
0
Tidak digunakan.
9
2
BfReserved2
0
Tidak digunakan.
11
4
BfOffBits
1078
Posisi byte dimana data gambar berada
 
Tabel 2.2 Struktur BitmapInfoHeader
Mulai
Ukuran (Byte)
Nama
Nilai Standar
Keterangan
15
4
BiSize
40
Ukuran dari info header dalam byte
19
4
BiWidth
100
Lebar gambar dalam piksel
23
4
BiHeight
100
Tinggi gambar dalam piksel
27
2
BiPlanes
1
Jumlah bidang gambar
29
2
BiBitCount
8
Jumlah bit per piksel
31
4
BitCompression
0
Jenis kompresi
35
4
BiSizeImage
0
Ukuran data gambar
39
4
BiXPelsPerMeter
0
Resolusi horizontal dalam piksel meter
43
4
BiYPelPerMeter
0
Resolusi vertical dalam piksel meter
47
4
BiClrUsed
0
Jumlah warna yang digunakan
51
4
BiClrImportant
0
Jumlah warna penting
           
            Jumlah warna yang terdapat pada gambar ditentukan oleh BiBitCount. Kemungkinan nilai untuk BiBitCount adalah 1 (hitam/putih), 4 (16 warna), 8 (256 warna), dan 24 (16,7 juta warna). Elemen data BiBitCount sekaligus menentukan apakah pada file BMP terdapat tabel warna atau tidak, sekaligus susunan dari tabel warnanya.
            Untuk gambar 1 bit, tabel warna hanya berisi dua warna (biasanya hitam dan putih). Jika setiap bit dari data gambar bernilai 0 maka warna yang ditunjuknya adalah warna pertama di dalam tabel warna. Jika setiap bit dari data gambar bernilai 1 maka warna yang ditunjuknya adalah warna kedua yang terdapat di dalam tabel warna.
            Pada gambar 4 bit, tabel warnanya berisikan 16 warna. Setiap byte yang terdapat pada data gambar mewakili dua piksel. Byte-byte tersebut dibagi menjadi dua bagian, masing – masing 4 bit. Bit – bit tadi menunjukkan ke warna – warna yang terdapat pada tabel warna.
            Pada gambar 8 bit, setiap byte mewakili satu piksel. Nilai dari setiap byte tadi menunjuk ke salah satu warna yang terdapat pada tabel warna yang di dalamnya berisi 256 warna.
            Untuk gambar 24 bit, 3 byte digunakan untuk mewakili satu piksel. Byte yang pertama mewakili unsur warna merah, byte yang kedua mewakili unsur warna hijau, dan byte ketiga mewakili unsure warna biru. Pada gambar 24 bit, tabel warna tidak dibutuhkan karena setiap piksel mengandung unsur warna merah, hijau dan biru yang sebenarnya.
            Tabel warna sendiri dibentuk dari struktur RGBQUAD yang disusun dalam bentuk array. Struktur dari RGHQUAD dapat dilihat pada tabel dibawah ini.
Tabel 2.3 Struktur RGBQUAD
Mulai
Ukuran (Byte)
Nama
Nilai Standar
Keterangan
1
1
RGBBlue
?
Intensitas warna biru
2
1
RGBGreen
?
Intensitas warna hijau
3
1
RGBBlue
?
Intensitas warna merah
4
1
RGBReserved
0
Tidak digunakan




Popular posts from this blog

Cara Mengukur Trimpot

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Bagian-bagian Laptop Assus