Pages

Rabu, 19 Juni 2013

Tipe Kapasitor / Kondensator

Tipe Kapasitor / Kondensator | Yang dimaksud dengan tipe kondesator ini yaitu kapasitor dikelompokkan tergantung dari dielektriknya. Tipe Kapasitor lebih sederhana dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kapasitor electrochemical, electrolytic dan electrostatic

Tipe Kapasitor / Kondensator
Bagian Kondensator
Kapasitor Electrochemical 
Termasuk kapasitor jenis ini adalah battery dan accu. Pada kenyataannya battery dan accu adalah kapasitor yang sangat baik, karena memiliki kapasitansi yang besar dan arus bocor (leakage current) yang sangat kecil. Tipe kapasitor jenis ini juga masih dalam pengembangan untuk mendapatkan kapasitansi yang besar namun kecil dan ringan, misalnya untuk aplikasi mobil elektrik dan telepon seluler.
Tipe Kapasitor / Kondensator
battery charger
Tipe Kapasitor / Kondensator
Kapasitor Electrolytic 
Kapasitor ini terdiri dari kapasitor-kapasitor yang bahan dielektriknya menggunakan lapisan metal-oksida. Umumnya kapasitor yang termasuk kelompok ini adalah kapasitor polar dengan tanda + dan - di badannya (elco dan tantalum).

Tipe Kapasitor / Kondensator
Elco dan Tantalum
Karena alasan ekonomis dan praktis, umumnya bahan metal yang banyak digunakan adalah aluminium dan tantalum. Bahan yang paling banyak dan murah adalah aluminium (elco). Sedangkan Kapasitor tipe Tantalum relatif mahal karena memiliki arus bocor yang sangat kecil, disamping itu tantalum seluruhnya padat, maka waktu kerjanya (lifetime) menjadi lebih tahan lama.

Kapasitor Electrostatic
Kapasitor electrostatic ini merupakan kelompok kapasitor yang dibuat dengan bahan dielektrik dari keramik, film dan mika. Tersedia dari besaran pF sampai beberapa μF, yang biasanya untuk aplikasi rangkaian yang berkenaan dengan frekuensi tinggi. Termasuk kelompok bahan dielektrik film adalah bahan-bahan material seperti polyester (mylar). Menggunakan bahan keramik dan mika karena murah dan mudah untuk membuat kapasitor yang nilai kapasitansinya kecil.
Tipe Kapasitor / Kondensator
Kondensator Keramik, Polyester (mylar), Mika
Pada umumnya kelompok Kapasitor Electrostatic ini adalah non-polar. Kapasitor dengan bahan dielektrik film biasa disebut dengan merk dagang Mylar, MKM, MKT dan sebagainya.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik