Pages

Rabu, 19 Juni 2013

Perkembangan Teknologi Komputer Dari Berbagai Segi

Komputer bisa dibilang sebagai salah satu penemuan yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia. Perkembangan teknologi komputer dari awal tahun 1940an hingga saat ini begitu signifikan dan komputer sendiri telah menjelma dari sebuah kotak besar menjadi perangkat berukuran beberapa inchi saja. Perkembangan yang begitu besar tersebut terjadi karena tuntutan kebutuhan manusia yang terus menigkat dan semakin kompleks. Para ilmuwan dituntut untuk menciptakan sebuah komputer yang mampu menghandle banyak pekerjaan rumit dalam waktu singkat.

3 Segi Perkembangan Teknologi Komputer

Segi Fisik
Komputer pertama di awal 1940-an adalah sebuah mesin besar dengan kotak baja, tabung vakum, dan kabel yang terbuka. Banyak ditemukan pada perusahaan besar atau di tempat-tempat militer. Mesin-mesin komputasi ini terdiri dari beberapa komponen listrik yang disimpan di kamar terpisah untuk meminimalkan overheating.
Di sisi lain, komputer modern jauh lebih kecil dalam hal ukuran. Tidak seperti generasi sebelumnya, komputer hari ini datang dalam satu komponen dengan kabel yang begitu sedikit. Komputer modern dapat digunakan di rumah, di kantor, atau di tempat umum seperti bandara, perpustakaan atau restoran. Bahkan, saat ini telah diciptakan komputer yang bisa dibawa dengan menggenggamnya. Tablet dan PDA adalah dua jenis komputer tersebut, dimana mampu memenuhi ekspektasi pengguna untu tampil dengan potabilitas tinggi.
Segi Interkonektivitas
Dahulu, komputer tidak dibentuk untuk berhubungan satu sama lain, dan hanya ditugaskan untuk melakukan perhitungan. Namun saat ini komputer telah mampu berinteraksi satu sama lain dengan memanfaatkan sistem jaringan seperti LAN, MAN, dan WAN. Inovasi ini telah meningkatkan cara komputer berkomunikasi, dan juga meningkatkan jumlah komputer yang bisa eksis dan berbagi informasi melalui jaringan di waktu tertentu. Anda mampu bekerja dan berhubungan dengan koneksi internet bahkan dengan pengguna antar negara.
Segi Aplikasi
Aplikasi komputer yang pertama diciptakan digunakan secara khusus untuk melakukan perhitungan, dan analisis data. Misalnya, ENIAC, komputer mainframe pertama Angkatan Darat AS, dibangun untuk menghitung balistik menembak data selama Perang Dunia II. Namun, saat ini aplikasi komputer telah berkembang menjadi lebih personal dan kegunaan yang begitu canggih. Anda akan menemukan perkembangan teknologi komputer dalam aplikasi ini contohnya pada Microsoft Office yang mampu mengolah data, melakukan perhitungan, hingga melakukan editing gambar secara sederhana

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik