Pages

Rabu, 26 Juni 2013

Tumbuhan Ternyata Ahli Matematika

London: Tumbuhan ternyata melakukan perhitungan matematika kompleks untuk memastikan mereka mendapatkan makanan yang memadai pada malam hari. Hal itu terungkap dalam sebuah penelitian terbaru yang dilansir jurnal eLife.

Ilmuwan di John Innes Center, Inggris mengatakan tumbuhan menyesuaian kadar konsumsi zat tepung mereka untuk mencegah diri mereka kelaparan di malam hari saat mereka tidak bisa mengolah energi dari sinar matahari.

"Penelitian ini menemukan bukti konkret pertama adanya proses biologis mendasar adanya perhitungan matematika yang canggih itu," ujar ahli matematikan dari John Innes Center Martin Howard.

Di malam hari, mekanisme yang terjadi di daun mengukur jumlah zat tepung yang berhasil disimpan tumbuhan itu dan memperkirakan waktu yang diperlukan hingga matahari terbit. Informasi mengenai waktu malam hari didapatkan dari jam internal seperti yang terjadi di tubuh manusia.

"Kemampuan untuk melakukan perhitungan matematika itu sangat vital dalam pertumbuhan tumbuhan dan produktivitas mereka," ungkat ahli biologi metabolisme John Innes Center Alison Smith.

"Memahami cara tumbuhan untuk terus tumbuh dalam kondisi gelap bisa membantu mengungkapkan cara baru untuk meningkatkan hasil panen," imbuhnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik