Pages

Rabu, 26 Juni 2013

Standard Chartered Bantu Lembaga Keuangan Mikro






Jakarta: Standard Chartered Bank dan Bank Andara menandatangani perjanjian kerja sama fasilitas kredit sebesar Rp57 miliar yang akan digunakan untuk mendukung pendanaan lembaga keuangan mikro (LKM) di Indonesia.

Pemberian fasilitas pinjaman dana untuk industri microfinance dimulai Standard Chartered sejak 2009 bermitra dengan beberapa lembaga keuangan mikro, antara lain Mitra Bisnis Keluarga Ventura dan Koperasi Mitra Dhuafa selain Bank Andara. Tahun ini merupakan kali kedua Standard Chartered memberikan fasilitas pinjaman microfinance pada Bank Andara. Pada 2011, Standard Chartered menyalurkan pinjaman dana pada Bank Andara sebesar Rp30 miliar.

Penandatanganan kerja sama dilakukan CEO Standard Chartered Bank Tom Aaker dan Direktur Utama Bank Andara David HL Yong. Ini disaksikan pejabat Bank Indonesia wilayah Bali Dr. I Gde Made Sadguna.

Tom mengatakan fasilitas pinjaman microfinance merupakan upaya dalam memajukan pertumbuhan usaha mikro di Indonesia. "Selaras dengan brand promise Here for good, kami berkomitmen untuk memberi dukungan terhadap perubahan yang baik di berbagai pasar tempat kami beroperasi. Indonesia merupakan salah satu pasar utama Standard Chartered, terutama di kawasan Asia. Kekuatan ekonomi Indonesia terletak pada industri usaha mikro, kecil dan menengah," jelasnya.

David menuturkan Bank Andara memiliki alur bisnis untuk menyediakan jangkauan yang lebih luas kepada masyarakat melalui layanan AndaraLink. Program itu sebagai pelayanan masyarakat dalam melakukan pengiriman uang, melakukan setoran, pembayaran atas tagihan bulanan, dan transfer ilmu pengetahuan. Di sisi lain, pihaknya menyediakan akses pendanaan serta penyimpanan dana untuk LKM.

"Perjanjian fasilitas kredit ini menunjukkan adanya dukungan dan kepercayaan yang kuat dari Standard Chartered Bank Indonesia pada Bank Andara dalam penerapan penyertaan keuangan (financial inclusions) sebagai bagian dari fokus dan strategi bisnis perusahaan melalui kerja sama dengan LKM secara eksklusif," ungkapnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik