Pages

Kamis, 20 Juni 2013

Sekilas Tentang Gadget

Istilah Gadget dalam hidup sehari-hari telah sering kita dengar,  bahkan kira kira10 tahun yang lalu saya telah melihat majalah yang bernama Gadget yang dijual di kios-kios penjual Koran dan majalah.
Dalam media cetak atau elektronik sering terdapat istilah gadget juga.

Beberapa tahun yang lalu pada salah satu setasiun radio swasta saya mendengarkan pembicaraan tentang Gadget oleh sekelompok anak muda, dalam pembicaraannya itu salah satu dari mereka mengatakan istilah gadget berasal dari kisah ‘Inspector Gadget’, dimana dalam mantel panjang dipakai inspektur itu terdapat peralatan kecil kecil yang canggih.




Tetapi bila saya melihat di wikipedia, pengertian gadget adalah:
 A gadget is a small technological object (such as a device or an appliance) that has a particular function, but is often thought of as a novelty. Gadgets are invariably considered to be more unusually or cleverly designed than normal technology at the time of their invention. Gadgets are sometimes also referred to as gizmos.

Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti:
  sebuah obyek (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering diasosiasikan sebagai sebuah inovasi atau barang baru. Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya. Gadget kadang juga disebut dengan gizmos.


Jadi, pengertian saya selama ini bahwa handphone, smartphone, PDA, dan laptop (apa lagi ya?) adalah gadget sepertinya tidak terlalu jauh menyimpang dari pengertian di atas.


Umumnya gadget adalah kata yang merujuk ke perangkat elektronik yang memiliki fungsi yang sangat spesifik, misalnya sebagai perekam suara, memainkan video, menampilkan foto, bahkan bisa digunakan sebagai alat pengawas. Demikian pula diungkapkan bahwa gadget adalah inovasi tehnologi modern yang merupakan sebuah alat portable yang memiliki multi fungsi dan kelebihan-kelebihan tersendiri dari tekhnologi yang biasa/sudah ada.

Umumnya gadget adalah kata yang merujuk ke perangkat elektronik yang memiliki fungsi yang sangat spesifik, misalnya sebagai perekam suara, memainkan video, menampilkan foto, bahkan bisa digunakan sebagai alat pengawas. Demikian pula diungkapkan bahawa gadget adalah inovasi tehnologi modern yang merupakan sebuah alat portable yang memiliki multi fungsi dan kelebihan-kelebihan tersendiri dari tekhnologi yang biasa/sudah ada.

Beberapa macam gadget yang kita jumpai sehari-hari:
- Ipod, sangat popular akhir-akhir ini karena selain untuk menampilkan gambar gadget ini dapat berfungsi sebagai radio FM, sebagai musik player yang mendukung berbagai format, juga perekaman dan video player, bahkan sebagai pembaca E-book (ebook reader).
- Gadget kamera, seperti spycam (kamera pengintai) diantaranya dapat berupa kacamata hitam, pulpen juga ada kamera wireless internet. Pada beberapa kamera internet nirkabel kita dapat mengakses kamera dari mana saja setiap saat melalui IP Adress..
- MP3 Player, dengan bentuknya yang kecil dan ringan dapat memutar lagu dengan format mp3,  Wav, wma dan lain-lain. Dapat menggunakan memori flash dengan kapasitas memory yang bervariasi dari 256 Mb, 512 Mb, 1 Gb, 2 Gb bahkan sampai 20 Gb. Gadget MP3 Player bias berupa kaca mata, jam tangan dan kamera digital sekalipun.
- Gadget MP4 Player, dengan gadget ini kita dapat menonton video klip, menampilkan foto, rekaman pribadi juga bisa untuk bermain game. Gadget ini pastinya mendukung semua format video dan file foto, disertai dengan layer yang mempunyai resolusi tinggi sehingga menghasilkangambar yang bagus.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik