Pages

Rabu, 19 Juni 2013

Sejarah Singkat Komputer – Perkembangan Komputer Tahap Demi Tahap

Komputer tidak dapat diragukan lagi merupakan penemuan manusia yang paling spektakuler dan begitu penting di abad ini. Kemampuan komputer dalam menghitung dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan manusia memberikan kita kemudahan dan kecepatan dalam melaksanakan berbagai pekerjaan. Sulit membayangkan hidup di saat sekarang tanpa komputer dan bagaimana manusia melakukan pekerjaannya tanpa bantuan alat canggih ini. Di bawah ini, ada beberapa sejarah singkat komputer yang penting untuk diketahui.

6 Tahap Sejarah Singkat Komputer

Harvard Mark I
Ini merupakan komputer elektro mekanis yang berarti mereka menggunakan komponen mekanis sebagai bagian dari proses komputasi. Ini merupakan salah satu komputer paling berat dengan bobot sebesar 5 ton. Komputer ini tidak memiliki banyak fitur dan penekanan pekerjaannya hanya sebatas pada membantu perhitungan data.
ENIAC
Merupakan komputer elektronik pertama yang memiliki tugas seperti layaknya komputer biasa terutama dalam hal melakukan pengolahan data. Anda akan mendapatkan komputer yag beratnya jauh lebih besar dibandingkan Harvard dengan bobot hingga 27 ton. Digunakan untuk membantu militer AS dalam perhitungan alteri.
Baby Manchester
Komputer ini mulai beroperasi pada tahun 1948 dan dikenal sebagai salah satu teknologi terbaik di zaman itu. Komponennya menggunakan tabung sinar katoda yang dapat digunakan sebaga penyimpanan memori jangka pendek. Tabung tersebut dikenal sebagai tabung atau pipa William. Meskipun terhitung canggih, akan tetapi komputer tabung William masih sulit dalam melaksanakan proses pemrograman suatu perintah.
UNIVAC I
Komputer ini dibangun pada awal 1940 an dan merupakan program pemerintah yang didanai oleh militer nasional. Kendati demikian, elemen komersialisasi dari komputer ini begitu cepat berkembang dan dikatakan sebagai komputer komersial pertama. Univac I pernah mencapai prestasi yang begitu mengagumkan dengan memenangkan peramalan komputasi pada tahun 1952 dimana memberikan ramalan bahwa Eisenhower bakal memenangkan pemilu pada tahun 1952 di Amerika Serikat.
IBM 360
Komputer IBM merupakan salah satu komputer canggih dan bisa melakukan banyak pekerjaan. Anda akan mendapatkan banyak varian aplikasi yang amat membantu dalam proses pelaksanaan berbagai macam pekerjaan. Perkembangan tersebut, memberikan kesuksesan besar pada sisi finansial IBM.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik