Pages

Rabu, 26 Juni 2013

Indonesia Kirim 156 Perawat ke Jepang



Kairo: Pemerintah melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengirim 156 perawat untuk bekerja di rumah sakit dan rumah peristirahatan lanjut usia di Jepang.

"Pengiriman perawat merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang melalui Perjanjian Kemitraan Ekonomi yang telah dimulai sejak 2008," kata Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat di Jakarta, Selasa (25/6). Para kandidat yang akan dikirim ke Jepang tersebut ialah 48 perawat dan 108 perawat lanjut usia yang telah mengikuti pelatihan bahasa Jepang selama enam bulan di Jakarta dan akan berlanjut selama enam bulan di Jepang.

Jumhur mengatakan rumah sakit dan rumah peristirahatan lanjut usia di Jepang akan langsung menerima kandidat perawat tersebut, jika mereka lulus ujian nasional keperawatan yang diselenggarakan menggunakan bahasa Jepang. Karenanya, BNP2TKI dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menggandeng Japan Foundation sebagai mitra untuk melatih kemampuan bahasa Jepang para kandidat perawat yang akan dikirim ke Jepang.

"Ujian nasional menjadi hal tersulit dalam program ini karena bahasa Jepang tidak mudah. Meskipun demikian, bukan tak mungkin untuk dipelajari," kata dia. Kendala bahasa tersebut juga diakui oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori yang mengatakan Pemerintah Jepang telah berusaha untuk mempermudah ujian nasional tanpa mengurangi bobot.

Salah satunya dengan mencantumkan cara baca huruf Jepang (yomikata) pada pertanyaan yang ditulis dalam huruf Kanji yang ada di lembar soal, selain memberikan pelatihan bahasa selama enam bulan di Jakarta dan enam bulan di Jepang. "Terlebih lagi, perawat dari Indonesia relatif lebih diminati yang dibuktikan dengan kesan-kesan yang menunjukkan kepuasan perusahaan terhadap cara kerja mereka," kata dia.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik