Pages

Sabtu, 22 Juni 2013

Cara Membuat PC Router Sederhana Menggunakan Windows XP


Membangun PC Router Dengan Windows XP














Cara membuat PC Router sederhana dengan menggunakan Windows XP
Cara Membuat PC Router Sederhana Menggunakan Menggunakan Windows XP - Seperti kita ketahui router adalah sebuah sebuah alat yang mampu menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda baik itu berbeda kelas IP Address-nya atau hanya berbeda Net ID-nya. Pada prinsipnya, router adalah sebuah alat pada jaringan komputer yang bekerja pada network layer pada lapisan yang dinamakan OSI. Pada router itu sendiri terdapat routing table yaitu sebuah tabel yang berisi tentang lamat-alamat jaringan yang dibutuhkan untuk menentukan tujuan dari paket-paket data yang akan dilewatkan.



Router sendiri terdiri dari dua macam, yaitu router yang khusus dibuat oleh vendor dan router yang dibangun dengan menggunakan PC atau Komputer dengan sistem operasi yang mendukung router. Selain sistem operasi Linux, sistem operasi Windows XP buatan Microsoft pun bisa kita manfaatkan sebagai router.
Pada postingan ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang cara membuat router sederhana menggunakan Windows XP. Tapi sebelumnya ada baiknya persiapkan dulu alat-alat (perangkat) yang dibutuhkan, baik berupa hardware atau software. Pada saat postingan ini dibuat, saya menggunakan perangkat-perangkat untuk ujicoba sebagai berikut :
  • 2 unit PC lengkap dengan LAN Card, yang nantinya saya jadikan Web Server dan Client
  • 1 unit PC yang terinsall dengan 2 LAN Card  yang nantinya akan saya jadikan PC router.
  • Sistem Operasi Ms. Windows XP Professional SP3 yang terinstall di masing-masing komputer baik PC atau pun Netbook
  • 2 buah kabel LAN lengkap dengan konektor RJ45 dengan model Cross Over (Bisa gunakan kabel Staright jika anda punya Switch Hub)
  • XAMMP 1.6.7 untuk apliakasi Web Server
Langkah-langkah yang dilakukan :
  • Kita konfigurasi IP Address pada PC yang akan kita jadikan PC Router, pada kasus ini saya memberikan IP Address 10.25.1.1 Subnet 255.255.255.0 pada LAN Card 1, dan 192.168.1.1 Subnet 255.255.255.0 pada LAN Card 2. Default Gateway kosongkan.
  • Kemudian pada PC yang akan kita jadikan Webserver kita install XAMPP 1.6.7 sebagai aplikasi Webserver, kemudian konfigurasi IP Addressnya, pada kasus ini saya memberikan IP Address 10.25.1.2 Subnet 255.255.255.0 Default Gateway 10.25.1.1
  • Yang terakhir untuk PC yang akan dijadikan Client kita konfigurasi IP Addressnya juga, pada kasus ini saya memberikan IP Address 192.168.1.2 Subnet 255.255.255.0 Default Gateway 192.168.1.1
Langkah selanjutnya :
  • Hubungkan semua PC pada PC Router dengan menggunakan kabel LAN Cross Over, jangan lupa sesuaikan dengan IP address yang telah diberikan dan jangan sampai tertukar.
  • Pada PC Router, masuklah ke REGEDIT dengan cara klik –> Start –> run –> ketikan “regedit” kemudian tekan ENTER. Pada menu REGEDIT masuklah ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters kemudian ubahlah nilai dari “IPEnableRouter” menjadi “1″ kemudian restart.
  • Setelah PC Router direstart, sekarang kita lakukan setting untuk melakukan routing, yaitu dengan masuk ke Command Prompt melalui Start –> run –> ketikan “cmd” lalu tekan ENTER. Setelah masuk ke Command Prompt, ketikan perintah ” route add 192.168.1.0  192.168.1.1″ lalu tekan ENTER, kemudian ketikan lagi perintah “route add 10.25.1.0  10.25.1.1″ lalu tekan ENTER, kemudian ketik “exit” untuk keluar dari Command Prompt.
  • Untuk mengetes koneksi jaringan silahkan lakukan perintah “ping” dari Client ke Webserver dengan cara Klik Start –> run –> kemudian ketikan “ping 10.25.1.2″ jika koneksi terhubung, maka akan muncul informasi mengenai koneksi jaringan yang terjadi.
  • Langkah selanjutnya, jalankan XAMPP pada PC yang dijadikan Webserver dan pada XAMPP Control Panel aktifkan Apache dan MySQL servicenya.
  • Selanjutnya pada PC Client, jalankan Web Browser apa saja, kemudian pada kolom URL ketikan IP address Webserver, pada kasus ini adalah 10.25.1.2 lalu tekan ENTER. Seharusnya jika konfigurasi dan langkah-langkah diatas dilakukan dengan benar, maka Web Browser tersebut akan menampilkan halaman PHP My Admin sebagai antarmuka Webserver.
Demikian langkah-langkah cara membuat PC Router sederhana menggunakan Windows XP. Semoga bermanfaat dan bisa dikembangkan labih lanjut lagi, jika ada saran dan kritik silahkan komentari postingan ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik