Pengertian Prestasi Belajar
Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi belajar
adalah sebuah kalimat yang terdiri dari dua kata, yaitu prestasi dan belajar.
Antara kata prestasi dan belajar mempunyai arti yang berbeda. Oleh karena itu
sebelum kita membicarakan pengertian prestasi dan pengertian belajar lebih baik
kita membicarakan pengertian prestasi dan pengertian belajar telebih dahulu.
Pengertian prestasi
menurut para ahli adalah:
a.
WJS. Poerwadarminta berpendapat
bahwa prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan, dan
sebagainya).
b.
Mas'ud Khasan Abdul Qahar,
memberi batasan prestasi dengan apa yang telah dapat diciptakan, hasil
pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan
kerja.
Dari pengertian
prestasi yang telah dibahas sebelumnya dapat disimpulkan bahwa pengertian
prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan,
yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja.
Sedangkan belajar
adalah sebagai perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan. Dan belajar
membawa sesuatu perubahan itu tidak hanya mengenai jumlah pengetahuan melainkan
juga dalam bentuk kecakapan, kebiasaaan, sikap, pengertian, penghargaan, minat,
penyesuaian diri, pendeknya mengenai segala aspek organisme atau pribadi
seseorang yang sedang belajar itu tidak sama lagi dengan saat sebelumnya,
karena itu lebih sanggup menghadapi kesulitan memecahkan masalah atau menambah
pengetahuannya, akan tetapi dapat pula menerapkannya secara fungsional dalam
situasi-situasi hidupnya.
Adapun pengertian
belajar menurut Morgan adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam
tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
Sedangkan menurut
Athur T. Jersild, belajar adalah perubahan tingkah laku karena pengalaman dan
latihan.
Dari definisi di atas,
dapat dikemukakan bahwa ciri-ciri belajar adalah sebagai berikut:
a.
Belajar merupakan suatu
perubahan dalam tingkah laku, dimana perubahan itu dapat mengarah kepada
tingkah laku yang lebih baik, tetapi juga ada kemungkinan mengarah kepada
tingkah laku yang lebih buruk
b.
Belajar merupakan suatu
perubahan yang tejadi melalui latihan atau pengalaman, dalam arti
perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan atau kematangan tidak
dianggap sebagai hasil belajar, seperti perubahan-perubahan yang terjadi pada
diri seorang bayi.
c.
Untuk dapat disebut sebagai
belajar, maka perubahan itu harus relatif mantap, harus merupakan akhir dari
suatu periode waktu yang cukup panjang. Berapa lama periode waktu itu
berlangsung sulit ditentukan dengan pasti, tetapi perubahan itu hendaknya
merupakan akhir dari suatu periode yang mungkin berlangsung berhari-hari,
berbulan-bulan, ataupun bertahun-tahun. Ini berarti kita harus mengesampingkan
perubahan-perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh kelelahan, adaptasi,
ketajaman perhatian atau kepekaan seseorang yang biasaanya hanya berlangsung
sementara.
Setelah kita
mengetahui pengertian prestasi dan pengertian belajar, maka dapat disimpulkan
bahwa pengertian prestasi belajar adalah hasil yang doperoleh berupa
kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari
aktifitas belajar.