Definisi Belajar


Definisi Belajar
 
Belajar merupakan dasar untuk memahami perilaku. Studi tentang belajar mencakup lingkup yang amat luas, sebab belajar berkaitan dengan masalah fundamental seperti perkembangan emosi, motivasi, perilaku sosial dan kepribadian. Sehingga sering muncul beberapa pertanyaan sehubungan dengan pengertian belajar.
Para ahli psikologi telah mencoba merumuskan dan membuat tafsiran tentang belajar. Sering pula rumusan dan tafsiran itu berbeda satu sama lain. Akan tetapi maksud dan tujuan yang hendak dicapai pada dasarnya sama.
Pada hakekatnya belajar adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar oleh seseorang yang menghasilkan perubahan tingkah laku pada dirinya sendiri, baik dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan baru maupun dalam bentuk sikap dan nilai yang positif.
Senada dengan uraian di atas, Winkel mendefinisikan belajar sebagai:
Suatu aktifitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungannya, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif konstan dan berbekas.

Di sini Winkel memandang bahwa peristiwa belajar terjadi karena adanya interaksi aktif antara induvidu dengan lingkungannya. Individu yang dimaksud harus aktif sendiri, melibatkan diri dengan segala pemikiran, kemauan dan perasaannya agar perubahan yang terjadi pada dirinya bersifat konstan dan wajar.
Gegne dalam bukunya The conditions of Learning (1977, dalam Ngalim Purwanto, 1987: 85) menyatakan bahwa belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatannya (performance-nya) berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi itu ke waktu sesudah mengalami situasi itu.
Witherington (1952, dalam Usman Effendi dan S. Praja, 1985: 103) merumuskan pengertian belajar sebagai suatu perubahan dalam kepribadian, sebagaimana yang dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon atau tingkah laku yang baru, yang ternyata dalam perubahan keterampilan, kebiasaaan, kesanggupan atau pemahaman.
Kemudian Sumadi Suryabrata (1987: 247-249) menyimpulkan definisi belajar yang dikemukakan oleh beberapa ahli seperti Cronbach, Harold Spear, Mogeoh, Hilgard dan W. Stern dalam kesimpulannya beliau mengemukakan pokok-pokok sebagai berikut:
a.       Bahwa belajar itu membawa perubahan (dalam arti behavior changes, aktual maupun potensial).
b.      Bahwa perubahan itu pada pokoknya adalah didapatkannya kecakapan baru.
c.       Bahwa perubahan itu terjadi karena usaha (dengan sengaja).
Terjadinya perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh peristiwa belajar juga dikemukakan oleh Gage (1984: 254). Menurut Gage:
Learning may be defined as the process wherebay an organism changes its behavior as result of experience.

(Belajar dapat didefinisikan sebagai proses di mana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman)
 

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot