Pages

Kamis, 11 April 2013

Virtual Memory Pada Ponsel

Bagi Anda yang punya ponsel dengan kapasitas besar misalnya Nokia N73 Music Editon, sampai beberapa giga, tentunya akan mengalami masalah saat mengorganisir drive dan file. Bagaimana jika ingin memecah File tersebut? mungkin saat anda tidak memecahnya, anda akan kesulitan mencarinya? jalan yang anda tempuh? terpaksa mencarinya satu per satu lewat bantuan aplikasi file manager untuk ponsel atau explorer HP seperti Fexplorer ataupun SeleQ.


Jika anda membuat folder untuk tiap-tiap file,maka semakin hari semakin banyak folder yang anda buat, yang semakin menyulitkan pencarian :) heehee...anda bisa memanfaatkan virtual drive. Salah satunya adalah "Griffon Virtual Drive" yang diperuntukkan bagi ponsel symbian v2.

Aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi virtual drive yang ada di PC. Bila di PC, virtual drive biasanya untuk membuat seolah-olah program yang terinstal dijalankan dari sebuah drive ROM, virtual drive pada ponsel terdiri dari file-file yang kita buat seolah-olah berada pada satu drive khusus. Gunanya, untuk memudahkan pencarian. Untuk langkah instalasi dan pemakaiannya adalah sebagai berikut :

  1. Download Griffon.Transfer file .sis tersebut ke ponsel. Disarankan menginstal aplikasi ini di memori ponsel. Selanjutnya restart ponsel.
  2. Jalankan aplikasi dengan memilih Griffon pada menu. Klik options -> open. Maka tampilan menu aplikasi akan terlihat beberapa drive yang merupakan campuran antara drive asli dan folder khusus. Bila dibandingkan dengan FExplorer atau aplikasi explorer lainnya, drive akan terlihat drive C: dan drive D: yang merupakan RAM drive yang berisi sistem di ponsel, drive Z: yang merupakan ROM. Dan drive E: merupakan kartu memori yang ditambahkan pada ponsel. Dengan menanamkan aplikasi ini, akan ada penambahan drive, yaitu drive A: (merupakan penyimpanan file video), drive B: (berisi file gambar dan animasi), dan drive F: (berisi file audio atau suara). Jadi aplikasi ini secara otomatis sudah melakukan pemilihan file video, audio dan gambar.
  3. Bila kita menginginkan pengubahan penampilan dan pengaturan maka tersedia begitu banyak fitur dengan mengklik tombol kiri. Mulai dari setting opsi yang berisi actions, panel control, menu settings hingga editor settings. Pengubahan penampilan warna pada aplikasi juga dapat dilakukan dengan mencoba satu per satu.
  4. Fitur tambahan lain yang cukup menarik adalah tersedianya fasilitas plugins yang bisa digunakan untuk menambah dan mengurangi pengaturan main settings yang sudah ada. Misalnya kita ingin menambahkan sort (fasilitas urutan file). Tidak usah bingung bila didalam menu terdapat bahasa inggris yang sedikit aneh, karena aplikasi ini ternyata dibuat dalam bahasa inggris, turki dan rusia yang terkadang bercampur baur. Coba diklik aja isinya, maka lanjutan menu akan terlihat dalam bahasa inggris.
  5. Bila ingin membuat virtual drive pilih folder -> klik option (di tombol kiri) -> main menu -> pilih move files -> isi drive (misalnya K) -> maka pada layar akan terlihat folder yang telah dipilih tadi sebagai drive tersendiri.
  6. Pada virtual drive yang telah dibuat kita dapat juga membuatnya hanya khusus dapat dibuka dengan aplikasi tertentu dengan memilih file associations pada pilihan settings.
  7. Bila kita ingin memanfaatkan aplikasi ini seperti halnya aplikasi explorer juga bisa. Cukup dengan menyorot file yang ingin dibuka dan klik tengah joystick, maka aplikasi akan terbuka. Namun bila aplikasi yang dibuka tidak tersedia aplikasi yang dapat membukanya maka akan keluar penjelasan bahwa aplikasi tidak teridentifikasi. Dan bila kita ingin membukanya dengan aplikasi lain, tersedia pilihan open with yang menyediakan opsi pilihan semua aplikasi yang telah tertanam diponsel.
  8. Bila kita mensinkronisasikan ponsel dengan PC/komputer dengan menggunakan PC Suite maka akan terlihat di layar PC virtual drive sebagai drive yang terpisah.
Potingan ini diambil dari : Virtual Drive Pada Ponsel dengan perubahan
Tips dari Nokiaindo, Lansung saja masukkan MMC pada komputer lalu di pecah dengan patition magic atau sejenisnya

Sedikit tips untuk memecah drive :

  • Pilih MMC/drive anda
  • Resize (geser panah - lebar drive/mmc)
  • Format, dan jadilah mmc terpecah

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik