Pages

Rabu, 10 April 2013

Tips Merawat Printer Agar tetap Awet

Tips Merawat Printer Agar tetap Awet (terutama jenis inkjet) - Tips Cara Menjaga Printer Agar Awet dan Tidak Mudah rusak berdasarkan pengalaman penulis yang mudah-mudahan bisa membatu para teman yang memiliki printer.
1. Gunakan Printer secara berkala.
Banyak pengguna printer terutama printer milik pribadi yang tidak mengetahui hal ini, Kami sendiri sering mendapat keluhan dari temen-temen yang mendapati hasil cetakan printer kurang bagus padahal printernya ga pernah dipergunakan.

Kita tidak menyadari kalau Printer yang lama tidak digunakan bisa mengakibatkan tidak lancarnya aliran tinta pada nozle sehingga kualitas cetakan kurang bagus.

Untuk menjaga printer tetap awet dengan kualitas cetakan yang bagus, gunakanlah printer untuk mencetak dokumen hitam dan berwarna 1-2 lembar secara periodik 2 - 3 kali seminggu. Apabila catridge tinta telah kosong segeralah ganti dengan yang baru.

2. Bersihkan Printer dari kotoran.
Menjaga kebersihan diluar dan di dalam Printer merupakan langkah yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga agar printer tetap awet. Kami pernah mendapati printer yang tidak bisa ngeprint dengan indikator paper jammed, setelah Kami cek ternyata terdapat sisa kertas yang mengganjal pada bagaian sensor kertas.

Terutama apabila printer yang kita gunakan adalah jenis dot matrik, dimana kertas yang digunakana merupakan jenis continuous yang meninggalkan sisa-sisa kertas ketika selesai nge-print. Klo ada gunakanlah vacum cleaner kecil untuk menarik debu dan kotoran dari dalam printer.

3. Hati-hati Mengganti Catridge Tinta.
Kehati-hatian adalah hal yang utama, tak terkecuali dalam merawat printer. Salah satunya adalah ketika kita hendak mengganti catridge printer dengan yang baru.

Maklum saja dalam catridge ini terdapat titik-titik conduktor penghubung aliran listrik. Biasanya setelah dibuka cover bagian atas, catridge akan bergerak dan diam ditengah. Dalam kondisi tersebut kita bisa mengganti catridge dengan yang baru. Pastikan posisinya sudah terpasang dengan benar dan baru cover ditutup kembali.

4. Gunakan Diagnostic Tools.
Apabila terdapat masalah pada hasil cetakan printer, gunakanlah tool diagnostic yang biasanya terdapat dalam menu maintenance printer. Jalankanlah perintah seperti cleaning nozzle, print head alignment, roller cleaning dll sebagai salah satu cara untuk me-maintenace dan merawat printer.

5. Saat terjadi Paper Jammed
Kondisi paper jammed (kertas macet), merupakan hal yang bisa merusak mekanik printer.

Apabila terjadi Paper Jammed lakukan hal sebagai berikut:
 
  1. Matikan Printer dengan mencabut kabel power.
  2. Tarik kertas yang macet secara hati-hati, kalau hendak mencabut kertas tariklah kertas searah dengan arah keluar kertas, misalnya untuk tipe Canon 1600 dimana kertas dimasukkan dari bagian atas, maka tariklah kertas ke bagian bawah.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik