Pages

Rabu, 10 April 2013

Tentang Handphone


Handphone yang biasa disebut ponsel, merupakan alat komunikasi elktronika yang tersusun oleh komponen-komponen digital yang sangat kecil dan kompleks. tentu saja ponsel akan sangat rentan sekali tehadap kerusakan baik itu kerusakan yang terjadi akibat benturan, terkena air dan kerusakan lainnya.
Lebih dari 50% kinerja ponsel tersusun oleh system komputerisasi, software yang merupakan perangkat lunak sangat menentukan kinerja ponsel layaknya sebuah komputer. seiring dengan kemajuan tekhnologi ponselpun terus berkembang, tingkat kecanggihan dan fitur yang ditawarkan pun kadang melebihi keahlian penggunanya, tak jarang mengutak ngatik fitur dari ponsel tersebut membuat program ponsel menjadi crash / hang,  system kacau atau bahkan menjadi rusak.
Penggunaan fitur ponsel yang berlebihan akan menyebabkan beban yang sangat berat untuk processor ponsel, sehingga tak jarang handphone yang mati secara tiba-tiba. 65% kerusakan handphone saat ini sering diakibatkan karena perangkat lunak ponsel yang bermasalah.
Berikut beberapa kerusakan handphone dan cara perbaikannya:
dari sekian banyak penyebab kerusakan ponsel, langkah dan prosedur perbaikannya pun jelas akan berbeda secara umum kerusakan handphone dibagi menjadi 3
  1. Kerusakan yang diakibatkan oleh benturan
  2. Korosi/karat atau kotoran
  3. Error pada perangkat lunak/wrong software karena salah pengoperasian
Kerusakan yang diakibatkan oleh benturan
benturan pada ponsel akan menyebabkan elktro mechanic rusak, komponen tidak terhubung tau bahkan PWB bengkok, untuk perbaikannya  jelas diperlukan ketelitian dalam analisis komponen yang bermasalah, secara fisik kadang tidak terlihat dan perlu diingat, hampir 60% ponsel yang terkena benturan kerusakan bukan dari komponen yang bermasalah, tapi jalur pada PWB yang tidak terhubung.
Kerusakan akibat Korosi
Ponsel yang mengalami korosi pada komponen biasanya dikarenakan suhu yang lembab, atau terkena air, ini akan berakibat ponsel mengalami short pada rangkaian elekro dan tidak terhubungnya interface pada pwb. perlu juga anda pahami bahwa kerusakan yang diakibatkan air tidak selamanya akan menjadi fatal dan rusaknya system kinerja ponsel. hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas battrey agar tidak terjadi short.
Error pada perangkat lunak/wrong software karena salah pengoperasian
Kerusakan yang biasa terjadi pada perangkat lunak dikarenakan salah pengaturan ponsel, security code atau operating system bermasalah, penanganannya bisa dilakukan dengan restore methode atau mengembalikan ponsel pada pengaturan awal atau dengan proses flashing (pemrograman ulang system ponsel)

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik