Pages

Jumat, 12 April 2013

Printer Brother MFC-7480N Multifungsi

Untuk kebutuhan pencetakan dokumen biasa mungkin Anda bisa memakai printer biasa dengan ukuran sedang. Apalagi jika hal itu digunakan dirumah, sangat tidak pas jika 
Anda harus menggunakan printer besar. Lalu bagaimana jika untuk kebutuhan di kantor? Apakah cukup memakai printer biasa sedangkan kebutuhannya sangat bervariasi?

Sebuah produsen asal Jepang Brother Industries memperkenalkan sebuahprinter multifungsi bernama Brother MFC-7840N yang tentunya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Produsen ini memang cukup berpengalaman menciptakan mesin cetak multifungsi, meskipun memang awalnya dikenal sebagai perusahaan mesin jahit, mesin ketik, mesin faks, dan beberapa peralatan listrik serta komputer lain. Bayangkan saja,  Printer BrotherMFC-7840N Multifungsi merupakan sebuah mesin printer laser multifungsi yang tidak hanya memiliki sebagai alat scan maupun fotocopy, namun juga untuk mengakses faksimili dan network. Dengan fitur dan fungsi yang sangat banyak, tak membuat printer ini memiliki ukurannya lebih besar dari printer laser single function pada umumnya.

Perlu Anda ketahui bahwa kemampuan yang ditawarkan Brother MFC-7840N dalam mencetak sanggup mencapai resolusi 2400 x 600 dpi. Ukuran sedemikian besar agaknya cukup memadai untuk memenuhi berbagai kebutuhan kantor mulai dari cetak dokumen berbasis teks sampai gambar. Dan  karena mesin printer ini khusus ditujukan untuk segmen bisnis dan kantor skala kecil yang dapat digunakan lebih dari satu pengguna, maka pihak produsen memenyertakan fitur khusus bernama Secure Function Lock. Dengan fitur ini, nantinya ada seorang administrator yang dapat membatasi akses ke perangkat mesin printer pada orang, pegawai atau karyawan tertentu. Sang administrator akan menentukan kunci mesin dengan menggunakan password dan pengguna yang tidak diberi wewenang tidak akan dapat menggunakannya pada semua fungsi mesin printer bahkan termasuk faksimili. Satu-satunya cara untuk menggunakan mesin printer, Anda harus mendapatkan akses dengan meminta ID untuk login dan menggunakan password.

MFC-7840 juga sama seperti umumnya printer kantoran yang dilengkapi paper tray tersembunyi. Paper tray yang tersedia ini sanggup memuat hingga 250 lembar kertas ukuran A4, hanya saja paper tray belum mampu memuat kertas dengan ukuran lebih besar dari A4 semisal folio. Pastinya pengguna yang berpengalaman mengetahui bahwa ini merupakan kompromi ukuran printer laser yang kecil, karena telah dijelaskan diatas bahwa MFC-7840N adalah salah satu printer laser multifunction yang ukurannya paling kecil. Namun apabila Anda ingin mencetak di sebuah kertas folio atau kertas jenis yang tebal, alternatifnya Anda bisa menggunakan manual feeder.

Brother mengklaim telah menyematkan memori storage sebesar 32 MB pada MFC-7840N, beberapa kritikus berpendapat bahwa ukuran tersebut tidak terlalu besar untuk sebuah mesin printer multifungsi kelas kantoran. Namun setidaknya, dengan kapasitas demikian penggunanya bisa melakukan aktivitas penyimpanan konfigurasi dari Menu, maupun menyimpan berbagai macam data fax hingga sebanyak 500 lembar atau. Selain itu, fitur memori storage ini juga dapat difungsikan untuk menampung data yang datang secara bersamaan saat mesin printer ini digunakan sebagai printer jaringan. Agaknya kelebihan ini yang membuat antrian untuk mencetak lebih lancar dan tidak semerawut.

Fitur lain yakni Auto Document Feeder (ADF) pada MFC-7840N yang sanggup memuat sampai 35 lembar dokumen. 35 lembar tersebut dapat dipindai secara otomatis jika ingin disimpan sebagai file, dikirim sebagai email, dikopi, bahkan dikirim melalui fax. Untuk mengirim maupun menerima faksimil dapat digunakan dengan modem internal dengan kecepatan 33,6 Kbps. Sebagai tambahan, fungsi pada fitur faks ini juga mendukung untuk resolusi mulai dari standar hingga super fine. Betapa mudahnya bukan? Bayangkan jika Anda masih menggunakan mesin printer biasa. Pertama-tama Anda harus melakukan scanning kertas, kemudian hasilnya harus dimasukan ke dalam harddisk internal jika ingin dikirim melalui email.

Bagaimana jika ingin mengkoneksikan mesin printer dengan perangkat lain? Tenang saja, printer Brother telah menyediakan port untuk menghubungkan kabel USB dibagian belakang. Beberapa port yang ada di antaranya adalah ethernet 10/100, dan port line telepon untuk fax. Namun yang menjadi kekurangannya, tidak ada port untuk flash drive dan memory card, serta belum dilengkapi dengan konektivitas nirkabel. Alternatif lain, Anda bisa menghubungkan printer ke wireless router dengan kabel ethernet atau kabel USB. Dengan memanfaatkan wireless router ini, penggunanya dapat mencetak maupun memindai dokumen dari perangkat mobile sekalipun yang berbasis Android dan Apple.

Fitur dan multifungsi printer ini bisa dianggap sudah mumpuni, namun apakah setara dengan kecepatan dan hasil cetakan? Sebenarnya jika dilihat dari sisi kinerja, Brother memang bukan produsen yang memproduksi printer tercepat namun masih dianggap di atas rata-rata. Menggunakan alat stopwatch, saat mencetak 10 kopi dokumen ukuran A4 dengan diukur dari mulai tombol cetak diklik sampai lembar terakhir selesai dicetak terbukti bahwa waktunya di atas rata-rata. Kira-kira10 lembar 300 dpi hanya membutuhkan waktu antara  27 detik (22 ppm) serta untuk 600 dpi hanya sekitar 35 detik (17 ppm). Sedangkan untuk kemampuan scanner, pada 1200dpi tergolong cukup baik, dengan detail dan warna yang akurat. Hanya saja, jika digunakan pada 300 dpi sudah mulai terlihat adanya <em>moirĂ©</em>. Namun, biasanya masalah ini tidak terjadi apabila ada algoritma anti aliasing maupun smoothing.

Saat ini printer Brother MFC-7840N dibanderol dengan harga Rp 4.100.000, penggunaannya dapat kompatibel dengan berbagai macam OS seperti Windows 2000 / XP / Vista / 2003 Server / 2008 Server, maupun Mac OS X 10.2.4.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik