Pages

Sabtu, 13 April 2013

Perkembangan perangkat elektronika

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia sangat membutuhkan alat bantu yang  dapat meringankan pekerjaan, baik di rumah, kantor, kampus atau dimanapun.  Alat bantu atau perangkat yang ada saat ini hampir semuanya merupakan perangkat elektronik, yang artinya alat tersebut sangat bergantung  dengan listrik sebagai sumber energi.

Sudah seharusnya kita berterima kasih kepada  Maxwell, George Ohm,  Michael Faraday,  Thomas Edison, Marconi , Gauss dan lain-lain yang dengan cemerlangnya telah mengamati fenomena dan menemukan dasar-dasar ilmu/teori yang sangat bermanfaat untuk perkembangan teknologi yang digunakan sehari-hari untuk kebutuhan rumah tangga, medis, transportasi, telekomunikasi dan perangkat lainnya yang ada dalam kehidupan manusia.
Pada awal penemuannya, bentuk perangkat-perangkat elektronika yang diciptakan belum sempurna dan masih berukuran  besar dengan bobot yang  berat , seperti :
  1. Komputer  pertama yang dinamakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) diciptakan pada tahun 1945, mempunyai bobot seberat  30 ton dengan menggunakan daya listrik sebesar 200 kilowatt, terdiri dari 19.000 tabung hampa udara, 1500 relay, serta ratusan ribu resistor, kapasitor, dan induktor. Komputer tersebut ditujukan untuk menghitung arah dan jarak tembak rudal balistik di Perang Dunia ke II.
  2. Laptop pertama yang diberi nama / merek Osborne1 oleh penemunya-Adam Osborne- , diproduksi pada tahun 1981 memiliki bobot sekitar 11 kg.
  3. Begitu pula perangkat  TV Set Pertama di Dunia  “The “Baird” yang diujicobakan pertama kali tahun 1928, dimana hanya mempunyai kemampuan melakukan pemindaian sebanyak  30 baris, dengan  kecepatan 750 rpm untuk menghasilkan 12 1 / 2 gambar per detik.  Sumber energi  adalah baterai 18 volt standar dengan  menggunakan tabung hampa sehingga menjadikannya berukuran besar dengan layar mini berukuran 3,5 “.
Untunglah dengan adanya penemuan-penemuan komponen elektronika yang semakin kompak dan terintegrasi,   perangkat elektronika yang ada semakin ringan dan kecil. Namun sejak tahun 2000an orang tidak hanya menginginkan perangkat elektronika yang kecil dan ringan tapi juga lengkap,canggih dan cepat.  Kecepatan akses informasi menjadi tuntutan utama dalam mengembangkan jejaring pribadi maupun bisnis  di tingkat global.
Jaringan internet kecepatan tinggi merupakan jawaban untuk  memenuhi kebutuhan konektivitas diantara jaringan personal  maupun bisnis  untuk dapat saling berbagi informasi, berkolaborasi, dan untuk berinteraksi  dalam bergaul maupun berniaga.   Internet menjadi sebuah media baru yang menyediakan kesegaran dan spontanitas teknologi bagi perkembangan perangkat elektronika.
Selain kecepatan, konvergensi untuk berbagai layanan dan teknologi juga menjadi tuntutan manusia di abad ini. Dengan adanya konvergensi layanan dan teknologi membuat manusia lebih mudah, praktis dan efisien. Namun tentu saja, perkembangan teknologi  harus disertai dengan kearifan dalam memanfaatkan teknologi dengan tetap memperhatikan dan menjunjung tinggi norma-norma  agama dan nilai-nilai budaya,sosial dan hukum. Hal tersebut penting agar teknologi maupun perangkat elektronika  yang diciptakan manusia memang benar ditujukan untuk kepentingan postif manusia itu sendiri

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik