Pages

Senin, 15 April 2013

Membuat Shortcut Dengan Keyboard Pada Komputer


Bagi anda para manusia komputer yang hidupnya hanya didepan laptop atau komputer entah itu hanya untuk bermain game, melihat film atau mengerjakan proyek atau tugas anda tentu keberadaan shortcut sangatlah dibutuhkan karena bisa membuat lebih mudah dalam membuka aplikasi atau dokumen tanpa harus masuk di windows explorer dan mencarinya satu persatu.
Setiap komputer entah itu ber OS windows 98, windows 2000, windows XP, Windows 7 bahkan windows 8 yang terbaru pun tidak lepas dari keberadaan shortcut.  Tidak heran setiap kali kita menginstall program di komputer maka akan muncul juga pilihan anda akan menambahkan shortcut atau tidak.
Shortcut sendiri telah dibagi menjadi dalam 2 jenis yaitu berupa shortcut icon dan shortcut yang menggunakan keyboard, untuk membuat shortcut icon anda bisa membuatnya dengan cara seperti berikut :
1. Tentukan dahulu aplikasi apa yang ingin kita buat shorcutnya, jika anda sudah menentukan misalnya anda memilih untuk membuat shortcut buat aplikasi Mozilla firefox
2. Klik Start lalu cari aplikasi Mozilla firefox, jika sudah ketemu klik kanan pada tulisan Mozilla tersebut dan pilih add shortcut to desktop. Jika anda tidak menemukannya pada shortcut anda bisa mencarinya dengan cara masuk ke drive :c atau dimana saja anda menginstall windows, lalu masuk kedalam folder program files, disana anda akan menemukan banyak folder dengan berbagai nama perusahaan software, carilah yang Mozilla lalu jika anda sudah sampai disana sekarang carilah firefox. Pastikan yang anda dapatkan ialah yang berektensi .EXE karena itulah tanda bahwa itu programnya bukan datanya. Setelah anda bisa mengklik kanan pada shortcut itu tadi lalu pilih Add Shortcut to Desktop.
3. Kembali ke desktop atau tampilan awal dan anda akan menemukan sebuah shortcut Mozilla sekarang disana;
buat shortcut komputer
buat shortcut komputer
Lalu bagaimana jika kita ingin membuat shortcut yang versi keyboardnya ?
Secara garis besar sebenarnya hampir sama persis dengan membuat shortcut icon, tetapi jika anda telah membuat shortcut pada desktop maka akan mempermudah anda dalam membuat shortcut keyboard ini. Dan langkah- langkahnya ialah :
1. Klik kanan pada shortcut icon yang berada di desktop, lalu klik kanan dan pilih Propertis;
2. Lalu pada tab shortcut klik, lalu tekan button control dan pilih sebuah button huruf untuk menginisiasi program itu, misalkan kita tadi telah memilih Mozilla firefox dan kita menginisiasi dengan lambang ‘M’ maka kombinasikan ketiga button yaitu Alt+Ctrl+M lalu klik Apply dan akhiri dengan OK;
3. Lakukan hal yang sama untuk beberapa aplikasi yang ingin anda buat shorcutnya;

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik