Pages

Kamis, 18 April 2013

Hotspot

Pengertian

Hotspot adalah sebuah situs yang menawarkan akses Internet melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) melalui penggunaan router yang terhubung ke link ke penyedia layanan Internet. Hotspot biasanya menggunakan teknologi Wi-Fi.

Hotspot dapat ditemukan di toko-toko kopi dan berbagai instansi publik lainnya di banyak daerah perkotaan berkembang di seluruh dunia.


History

Akses jaringan area lokal nirkabel publik (LAN) pertama kali diusulkan oleh Henrik Sjödin di Networld + Interop konferensi di The Moscone Center di San Francisco pada bulan Agustus 1993.  Sjödin tidak menggunakan hotspot panjang tetapi disebut LAN nirkabel diakses publik.

Usaha komersial pertama untuk mencoba untuk menciptakan jaringan area lokal akses publik adalah perusahaan yang didirikan di Richardson, Texas dikenal sebagai PLANCOM (Umum Daerah Jaringan Komunikasi Daerah). Para pendiri usaha itu, Mark Goode, Greg Jackson, dan Brett Stewart terlarut perusahaan pada tahun 1998, sementara Goode dan Jackson menciptakan MobileStar Networks. Perusahaan adalah salah satu yang pertama untuk menandatangani seperti lokasi akses publik seperti Starbucks,  American Airlines, dan Hotel Hilton.  Perusahaan ini dijual ke Deutsche Telecom pada tahun 2001, yang kemudian diubah nama perusahaan menjadi "T-Mobile Hotspot." Saat itulah istilah "hotspot" memasuki vernakular populer sebagai referensi untuk lokasi di mana LAN nirkabel diakses publik tersedia.
 


USER 


Masyarakat dapat menggunakan laptop, ponsel Wi-Fi, atau perangkat portabel lainnya yang cocok untuk mengakses koneksi nirkabel (biasanya Wi-Fi) yang disediakan. Dari perkiraan 150 juta laptop, 14 juta PDA, dan perangkat lainnya yang muncul Wi-Fi dijual per tahun selama beberapa tahun terakhir, sebagian besar termasuk fitur Wi-Fi.

Untuk tempat-tempat yang memiliki akses internet broadband, menawarkan akses nirkabel adalah yang sederhana seperti mengkonfigurasi satu titik akses (AP), dalam hubungannya dengan router dan menghubungkan AP ke koneksi internet. Sebuah router nirkabel tunggal menggabungkan fungsi-fungsi mungkin cukup.


  LOKASI


Hotspot sering ditemukan di restoran, stasiun kereta, bandara, perpustakaan, hotel, rumah sakit, kafe, toko buku, pom bensin, department store, supermarket, taman RV dan berkemah, telepon umum, dan tempat umum lainnya. Banyak universitas dan sekolah memiliki jaringan nirkabel di kampus mereka. 

TIPE HOSTPOT

Free hotspot beroperasi dalam dua cara:

     Menggunakan jaringan publik terbuka adalah cara termudah untuk menciptakan HotSpot gratis. Semua yang diperlukan adalah router Wi-Fi. Pengguna pribadi router nirkabel dapat menonaktifkan persyaratan otentikasi mereka, sehingga membuka hubungan mereka, sengaja atau tidak, untuk berbagi dengan siapa pun dalam jangkauan.
     Jaringan publik tertutup menggunakan Sistem Manajemen HotSpot untuk mengontrol HotSpot. Perangkat lunak ini berjalan pada router itu sendiri atau komputer eksternal. Dengan software ini, operator dapat mengotorisasi hanya pengguna tertentu untuk mengakses Internet, dan mereka sering mengasosiasikan akses gratis ke menu atau batas pembelian. Operator juga sekarang dapat membatasi bandwidth yang tersedia setiap pengguna - sehingga setiap pengguna terbatas pada kecepatan tertentu untuk memastikan bahwa semua orang mendapat pelayanan yang berkualitas baik. Seringkali hal ini dilakukan melalui Service Level Agreements.
 


    Komersial hotspot


Sebuah hotspot komersial dapat menampilkan:

    
Sebuah portal / layar login captive bahwa pengguna diarahkan ke untuk otentikasi dan pembayaran
    
Sebuah pilihan pembayaran menggunakan kartu kredit, PayPal, iPass, atau layanan pembayaran lainnya
    
Sebuah fitur taman berdinding yang memungkinkan akses gratis ke situs tertentu
    
Penyediaan layanan yang berorientasi untuk memungkinkan peningkatan pendapatan
Banyak layanan menyediakan layanan pembayaran kepada penyedia hotspot, untuk biaya bulanan atau komisi dari pendapatan pengguna akhir. ZoneCD adalah distribusi Linux yang menyediakan layanan pembayaran untuk hotspot yang ingin menyebarkan layanan mereka sendiri. Amazingports dapat digunakan untuk mengatur hotspot yang berniat untuk menawarkan baik untuk biaya dan akses internet gratis.
Bandara utama dan hotel bisnis lebih mungkin untuk biaya untuk layanan. Sebagian besar hotel menyediakan layanan gratis untuk tamu, dan semakin, bandara kecil dan lounge maskapai penerbangan menawarkan layanan gratis.
Layanan roaming memperluas antara penyedia layanan hotspot utama. Dengan layanan roaming pengguna dari penyedia komersial dapat memiliki akses ke hotspot penyedia lain dengan biaya tambahan, di mana pengguna tersebut akan biasanya dikenakan atas dasar akses-per-menit. Roaming perjanjian akan sulit untuk bernegosiasi dengan penyedia yang lebih besar seperti Boingo, hotspot sehingga lebih kecil biasanya menggunakan agregator seperti www.gowifi.com untuk mengakses jaringan ini.
FON adalah perusahaan Eropa yang memungkinkan pengguna untuk berbagi broadband nirkabel mereka dan menjual kelebihan bandwidth untuk pengguna di luar (alien). Karena ini mungkin melanggar persyaratan layanan pengguna, FON memiliki perjanjian dengan banyak penyedia layanan broadband / ISP.
KeyWifi sama memungkinkan pengguna untuk membayar pemilik koneksi untuk penggunaan, terutama selama jam off. Layanan awal adalah Queensbridge Rumah di Long Island City, New York.

Software Hotspot


Banyak adapter Wi-Fi dibangun ke dalam atau mudah ditambahkan ke komputer konsumen meliputi fungsi untuk beroperasi sebagai hotspot. Produsen dapat mengaktifkan fungsi ini melalui dukungan driver-level. Sistem operasi konsumen modern, termasuk Windows 7 dan kemudian dan Apple OS X 10.6 dan fitur kemudian ditambahkan untuk mendukung hal ini. Vendor perangkat lunak pihak ketiga, seperti Connectify menawarkan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan Hotspot sendiri, baik untuk berbagi koneksi yang ada atau memperluas jangkauan hotspot lain.Hotspot 2.0
Juga dikenal sebagai HS2 dan Wi-Fi Certified Passpoint,  Hotspot 2.0 adalah pendekatan baru untuk akses publik Wi-Fi dengan Wi-Fi Alliance. Idenya adalah untuk perangkat mobile secara otomatis bergabung dengan layanan pelanggan Wi-Fi setiap kali pengguna memasukkan area Hotspot 2.0. Tujuannya adalah untuk menyediakan bandwidth yang lebih baik dan jasa-on-demand untuk pengguna akhir, sementara juga mengurangi infrastruktur operator seluler dari overhead lalu lintas.
Hotspot 2.0 didasarkan pada standar IEEE 802.11u, yang merupakan satu set baru protokol untuk mengaktifkan sel-seperti roaming. Jika perangkat mendukung 802.11u dan berlangganan layanan Hotspot 2.0 secara otomatis akan menghubungkan dan berkeliaran

  

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik