Pages

Sabtu, 13 April 2013

Elektronika dan Fungsinya

Elektronika digital adalah sistem elektronika yang di pelajari mempergunakan sinyal digital didalam penerapan logic low ( 0 ) dan logic high ( 1 ). sinyal digital yang di hasilkan di dasarkan pada sinyal yang bersifat terputus putus. logic yang di hasilkan di peroleh berdasarkan tegangan beda potensial pada gnd ( 0 volt ) dan vcc ( 5 volt untuk ic ttl dan 12 volt untuk ic cmos ).

Sinyal didalam elektronika digital di lambangkan dengan notasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 ini menggambarkan terjadinya hubungan dan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. contoh paling mudah dari sinyal digital ini adalah saklar lampu. saat kita menekan tombol on lantas terjadi hubungan hingga di notasikan 1, dan saat kita menekan tombol off lantas bilangan notasi akan berlaku sebaliknya.

Elektronika digital adalah aplikasi dari bilangan aljabar boolean yang bisa di pakai didalam beraneka ragam bidang elektronik, misalnya computer, telpon dan beraneka perangkat elektronika lainnya. keuntungan dari elektronik ini yaitu mempunyai sistem antar muka yang gampang di kendalikan dengan computer dan perangkat lunak lainnya, jadi penyimpanan informasi jauh lebih gampang di kerjakan didalam sistem digital dibandingkan dengan analog.

Kelemahan dari elektronika ini ada pada beberapa sistem digital yang memerlukan lebih banyak energi sehingga menyebabkan lebih mahal dan gampang rapuh. dalam rangkaianian elektornika digital tidak di kenal dengan istilah tegangan negatif maupun positif seperti halnya pada elektronika analog namun sebatas di kenal 3 tegangan, yaitu low ( 0 ), high ( 1 ) dan high impedance dimana tidak ada hubungan pada input dan output.

Agar bisa menggerakkan suatu rangkaian Elektronika Digital, di perlukan power supply yang di pakai mesti benar benar stabil yang cocok dengan spesifikasi ic digital yang di gunakan umpamanya untuk ic ttl 74 xx mesti di satukan dengan tegangan input dc 5 volt stabil, namun ic cmos 40 xx mesti di satukan dengan tegangan dc 5 – 12 volt stabil.

Didalam sistem Elektronika Digital, penyusunan suatu komponen tidak bisa di lepaskan dari gerbang logika yaitu gerbang logika gates yang bisa di integrasikan didalam suatu komponen ic ( integrated circuit ) yang sesungguhnya adalah susunan dari komponen komponen elektronika layaknya transistor, kapasitor dan resistor.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik