Cara Memperbaiki Adaptor Printer

Adaptor printer adalah hal penting. tanpa adanya benda ini maka printer otomatis tidak akan menyala. alat penyearah arus dari ac ke DC ini juga berbeda beda untuk tiap merk printer dan jenisnya. Misal dari canon sendiri antara generasi IP seperti 1980, 1880, dan seterusnya berbeda dengan generasi printer multi fungsi  mulai dari MP 258, MP 587 dan seterusnya.
Begitu juga dengan merk yang lain. HP, lexmark, epson. brother, dan lain sebagainya punya kriteria adaptor yang berbeda pula. mulai dari segi bentuk, arus tegangan, juga konektor untuk ke main board printer. kasus yang sering terjadi adalah power supply (nama lain adaptor) mati total atau juga lemah.
Untuk masalah lemahnya power supply anda bisa menyimak tips di postingan ini. Sebelum ke penyelesaian sebaiknya tau dulu penyebab akan matinya . Salah satu yang mempengaruhi umur daripada adaptor adalah terlalu lama pemakaian. yang di maksud disini bukan umur printer tetapi jangka waktu pencetakan dokument. misal melakukan printah cetak sebanyak 200 lembar. wah pasti akan memakan daya secara terus menerus. atau juga hal hal lainnya.
Berikut tips untuk menghidupkan kembali power supply yang telah lemah :
1. bongkar adaptor tersebut
hati hati dalam melepas casingnya. karena tidak ada sekrup atau baut yang mengunci casing. yang ada hanyalah lem dari pabrik ayng akan rusak ketika di bongkar.
2. jika sudah maka akan anda lihat ada rangkaian elektronik. jangan takut alat yang harus di siapkan hanyalah tester semata. karena kita hanya akan menyelaraskan arus  tidak mengganti komponen.
3. posisikan multi tester di posisi on dan posisi oengetesan dioda dan kawan kawannya. hubungkan kaki kakai dari komponen tersebut . jika di lcd muncul angka yang kemudian kembali jadi angka 1 maka komponen masih hidup. lakukan pada semua komponen yang ada. jika da komponen yang tidak menunjukan reaksi apa apa maka ganti saja. jika mengganti sebaiknya setelah penyelarasan dan di coba .kalau belum berhasil maka baru ganti komponen yang tak bereaksi.
4 pasang kembali penutup adaptor.  agar saat mencoba tidak tersengat listrik. hehe untuk jaga jaga saja si sebenarnya.
5 terakhir adalah mencobanya. nah mudah bukan untuk menghidupakan kembali? jika sakit berlanjut hubungi tukang elektonik saja. jalan yang lebih mudah beli yang baru saja.
 
 

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot