Pages

Jumat, 12 April 2013

8 Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda

Kecepatan merupakan salah satu elemen penting dari komputer Anda. Sebuah komputer yang lambat akan membuat Anda stres terutama jika Anda harus menggunakannya pada situasi yang mendesak. Di sisi lain, Anda juga tidak bisa terus membiarkan kecepatan komputer Anda yang terus lambat. Karena hal terburuk yang dapat terjadi adalah Anda tidak dapat menggunakan komputer Anda kembali. Anda harus mengambil beberapa antisipasi sebelum terlambat. Dari artikel ini, Anda akan belajar sedikit tentang cara mempercepat kinerja komputer dengan melakukan beberapa hal sederhana.


Cara Mempercepat Kinerja Komputer


1. Hapus File yang tidak berguna atau tidak terpakai
Hal sederhana pertama untuk mempercepat komputer Anda adalah dengan menghapus file yang tidak digunakan. Jelas, Anda harus selektif dalam memilih file yang tidak terpakai, Anda harus memastikan bahwa nantinya Anda tidak akan lagi menggunakannya. Cara untuk menghapus file tersebut juga mudah dilakukan. Anda hanya perlu memilih semua file tersebut dan tinggal tekan ctr+shift+delet. File tersebut akan secara otomatis menghapus secara permanen meringankan beban hard drive Anda, dan tentunya akan mempercepat komputer Anda.

2. Hapus atau uninstall semua program yang tak terpakai
Hal ini sangat penting, karena program-program lebih besar memakan space di drive Anda. Bahkan, beberapa program akan selalu aktif dan selalu melakukan update secara otomatis ketia komputer Anda terhubung dengan internet. Jelas ini akan memperlambat kecepatan koputer Anda terutama ketika sedang melakukan browsing, padahal program-program tersebut, tidak Anda gunakan sama sekali. 

3. Nonaktifkan Notifikasi icon di taskbar
Notifikasi icon di taskbar hanya akan memperberat kinerja komputer saja, terutama saat startup window, padahal tidak semuanya yang Anda perlukan. Aktifkan saja icon batrei, network, dan sound saja, karena hanya icon-icon ini yang biasanya lebih diperlukan dibandingkan icon-icon lainnya.

4. Percepat akses data dengan melakukan defrag secara teratur
Cara mempercepat kinerja komputer berikutnya ialah dengan melakukan defrag secara teratur. Fungsi defrag adalah untuk mereorganisasi file atau mengatur kembali file, agar sistem di komputer lebih mudah untuk membaca file-file tersebut atau dapat membaca file-file tersebut secara berurutan. Ada baiknya jika Anda rutin menggunakan komputer, untuk melakukan defrag komputer setiap seminggu sekali untuk menjaga kecepatan komputer Anda. Untuk melakukan defrag Anda dapat menggunakan software yang bernama smartdefrag, atau Anda juga bisa menggunakan fasilitas defrag yang disediakan oleh microsoft di menu start --> all programs --> accessories --> system tools --> disk defragment.

5. Hapus seluruh junk file 
Junk file atau file sampah pada dasarnya merupakan file-file atau data-data yang terbentuk secara otomatis karena setiap pekerjaan dari komputer. Bentuk junk file ini dapat berupa history, temporary file, restore point, internet temporary fil, recent list, cokies, dll. Untuk menghapus junk file ini, banyak program-program yang bisa Anda gunakan seperti CC Cleaner, TuneUp Utilities, dll. Atau Anda bisa menggunakan fasilitas yang disediakan microsoft di menu start --> all programs --> accessories --> system tools --> Disk Cleanup.

6. Tutup Program yang tidak digunakan
salah satu cara mempercepat kinerja komputer lainnya ialah dengan menutup program yang tidak Anda gunakan. Karena setiap program yang Anda buka di komputer Anda akan menambah atau memperberat kinerja ram komputer Anda, dan tentunya ini sangat berpengaruh pada kecepatan komputer Anda. Untuk itu, tutup semua program-program, file atau folder yang tidak sedang Anda gunakan. Atau Anda juga dapat menambah kapasitas memory komputer Anda agar kerjanya menjadi lebih ringan.

7. Hilangkan Efek Visual
Efek visual pada komputer sebenarnya hanya akan memperberat kerja ram, sehingga akan melambat kinerja komputer Anda. Kalau spesifikasi komputer Anda memang mumpuni, tidak apalah Anda mengaktifkan efek visualnya, namun jika tidak, tidak ada gunanya mengaktifkan efek visual. Karena pada dasarnya yang dibutuhkan dari komputer bukan tampilan atau efek visual yang bagus, tapi kinerja yang mumpuni.

8. Bersihkan saluran udara komputer
Jika saluran udara pada komputer telah tertutup oleh debu, tentunya menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak bagus, dan pada akhirnya akan membuat komputer Anda menjadi cepat panas. Sebagaimana yang sama-sama kita ketahui, komputer yang panas akan mengakibatkan kinerja komputer akan melambat.

Sebenarnya masih banyak lagi cara mempercepat kinerja komputer Anda. Namun dengan melakukan beberapa hal di atas secara rutin saja sudah cukup untuk mempercepat kembali ataupun menjaga kecepatan komputer Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik