Mengatasi NT Kernel & System yang menggunakan 100% Cpu resources di Windows 7

Baru-baru ini Windows 7 penulis Info Teknologi mengalami masalah dimana saat dihidupkan proses booting setelah login ke Windows berjalan sangat lama sekali.
Dan setelah prosesnya selesai, program-program yang dijalankan juga berjalan sangat lambat, anehnya lagi gejala ini terjadi secara random saat komputer startup jadi laptop bisa lambat atau bisa juga berjalan normal. Dimana hal ini tidak terjadi saat saya melakukan booting ke Windows XP dan Ubuntu 10.04 di laptop yang sama.
Yang terlintas pertama adalah laptop saya terkena virus, tetapi setelah saya melakukan pemeriksaan menyeluruh dengan Avast Internet Security, HiJackThis dan Malware Bytes tidak terdeteksi virus sama sekali.
Saya palingkan fokus saya ke service yang berjalan, terlihat titik terang bahwa service dengan nama System dengan deskripsi NT Kernel & System saat Windows berjalan lambat memakan kinerja prosessor laptop sampai 100%.
Mengatasi masalah di service NT Kernel System
Setelah melakukan Googling di internet, service ini merupakan system kernel dari Windows dan tidak bisa dihentikan, jadi kemungkinan ada komponen dari Windows 7 yang mengalami masalah.
Langkah pertama memeriksa integritas dari file system yang ada di Windows 7 dengan menggunakan perintah “sfc /verifyonly” dari command prompt tapi anehnya tidak ada file system yang rusak ataupun hilang.
Kemudian saya memeriksa log Event Viewer di Control Panel>All Control Panel Items>Performance Information and Tools>Advanced Tools tidak saya temukan kejanggalan di Windows saya.
Kecurigaan beralih ke patch microsoft yang saya install sebelum laptop saya lambat, yaitu KB976972, KB980846, KB979900, KB981078, KB982519 akhirnya saya uninstall tetapi kondisinya masih sama kadang lambat kadang tidak.
Ditengah keputusasaan selama beberapa hari dan niatan untuk mengininstall ulang Windows 7, saya memperhatikan hal janggal lainnya saat Windows 7 saya lambat, yaitu sesaat setelah startup Icon Baterai di taskbar tidak langsung muncul.
Kemudian saya berpikir ini mungkin sumber penyebabnya, benar saja setelah saya merubah setting power management saya menjadi High Performance (default setting), setelah lebih belasan kali booting ulang ke Windows 7 laptop saya tidak pernah lambat lagi.
Screenshot Device Manager untuk service System
Setelah diteliti lebih lanjut setting di power management yang bermasalah adalah pada opsi PCI Express – Link State Power Management, jadi opsi itu harus dimatikan (Off).
pengaturan power management di Windows 7
Kemungkinan besar hal ini terjadi karena driver NVidia Geforce G103M yang belum lama ini saya install, karena yang memakai PCI Express di Laptop hanya komponen ini saja.

Popular posts from this blog

Kode Singkatan Komponen Listrik Dan Elektronik

Cara Mengatasi E31 Canon MP258

Cara Mengukur Trimpot