Pages

Senin, 15 Juli 2013

Kerusakan Motherboard








Kerusakan atau masalah yang sering terjadi akibat dari kerusakan beberapa komponen pada motherboard adalah sebagai berikut :



1.      Laptop restart terus
Kerusakan atau masalah ini bisa diakibatkan oleh (a) koneksi slot RAM memory pada motherboard bermasalah, silahkan keluarkan RAM dan beresihkan dari debu, (b) koneksi hard disk ke motherboard bermasalah, silahkan di cek konektor hard disk yang ada pada motherboard. (baca panduan membongkar RAM dan Hard disk pada Laptop).
2.      Sound card tidak bunyi
Kerusakan atau masalah ini bisa diakibatkan oleh (a) driver sound card belum terinstal dengan baik atau bisa juga driver tidak cocok dengan type sound card, silahkan install driver sound card anda yang ada pada DVD/CD waktu beli Laptop/netbook, (b) hubungan antara audio jacks dengan motherboard sudah longgar.
3.      Sering hang atau membeku
Jika laptop anda sering mengalami masalah yang satu ini sebaiknya untuk langsung di tangani atau diperbaiki, ini bisa mengakibatkan rusak total jika dibiarkan terus menerus. Kerusakan dan masalah ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti koneksi slot RAM ke motherboard bermasalah, Hard Disk Mengalami bad sector (baca judul/bab Hard disk), motherboard banyak debu atau kotor (baca cara membongkar motherboard), putaran fan yang lambat dan fentilasi udara kurang (baca cara membongkar fan atau baca nomor 9), ada banyak virus yang menggangu sistem operasi, lakukan scanning dengan anti virus up date terbaru dan lakukan install ulang sistem operasi.
4.      Layar tidak bisa menyala
Masalah ini diakibatkan oleh (a) koneksi slot RAM sama motherboard buruk, silahkan di cek konektor – konektor RAM (baca bab tentang RAM), (b) video chip atau VGA on board mengalami kerusakan dan silahkan cek menggunakan VGA out board, (c) bisa juga diakibatkan oleh hard disk yang sudah rusak atau bad sector, (d) bila setelah di coba semua komponen motherboard berjalan dengan baik tetapi layar masih tetap tidak menyala, kemungkinan kerusakan ada pada motherboard (baca bab LCD laptop).
5.      Hardisk failure
Masalah ini disebabkan oleh hard disk yang sudah mengalami bad sector dan kemungkinan hard disk rusak tidak bisa terdeteksi. Silahkan di cek keberadaan hard disk melalui BIOS (baca bab hard disk).
6.      Not operating system
Masalah ini bisa disebabkan rusaknya atau corrupt file sistem operasi karena virus dan hard disk mengalami bad sector atau rusak total.
7.      Laptop tidak bisa booting dan loading
Masalah ini bisa di sebabkan oleh beberapa komponen dalam motherboard seperti (a) RAM yang tidak terdeteksi karena koneksi slot yang buruk ke motherboard, silahkan di cek konektor RAM, (b) hard disk yang mengalami bad sector atau juga rusak, (c) system operasi yang sudah hilang karena virus atau sebab lainnya.
8.      Laptop mati total
Masalah ini disebabkan oleh motherboard yang rusak. Untuk mendeteksi kerusakan laptop yang mati total harus menguji dan mencoba komponen – komponen laptop pada laptop yang lainnya. Apabila setiap komponen laptop di pasang di laptop lain berjalan baik dan normal, berarti motherboard laptop sudah rusak dan sebaiknya untuk di ganti.
9.      Laptop panas dan suka hang
Setiap laptop memiliki modul pendinginan yang terdiri dari heatsink dan kipas pendingin. Ketika laptop bekerja, prosesor (CPU) memanas dan karena itu heatsink semakin panas juga. Masalahnya ini diakibatkan modul pendinginan laptop mengumpulkan debu di dalam terlalu banyak. Biasanya debu mengumpul diantara kipas dan heatsink. Debu menyumbat heatsink dan membunuh aliran udara normal di dalam modul pendinginan. Akhirnya, prosesor akan sangat panas dan laptop tiba-tiba mati atau membeku. Masalah ini bisa diperbaiki dengan membersihkan modul pendinginan laptop.
Cara memberesihkan module pendingin
a)     Buka dan bongkar laptop sampai dengan heatsink dan fan mudah untuk di akses

b)      Setelah di bongkar, beresihkan heatsink


                        c) Pasang atau tempel thermal paste pada processor dan heatsink


Untuk mendapatkan informasi & produk tutorial laptop terlengkap silahkan klik Disini


0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik