Pages

Rabu, 03 Juli 2013

Indosat Uji Jaringan untuk Hadapi Mudik dan Lebaran

Yogyakarta: Sebagai antisipasi menghadapi Ramadan 2013, Indosat menggelar uji jaringan (drive test) di sepanjang jalur mudik Yogyakarta dan Solo pada Selasa (2/7).

Uji jaringan di dua kota tujuan mudik dan wisata Lebaran itu untuk memastikan kelancaran berkomunikasi pelanggan.

“Komitmen kami untuk memastikan pelanggan tetap mendapatkan pengalaman penggunaan terbaik dan ketiadaan kendala selama berkomunikasi di masa-masa kenaikan trafik seperti saat Ramadan, mudik dan Lebaran," ujar Divison Head Public Relation Indosat Adrian Prasanto.

Beberapa parameter yang diukur dalam drive test antara lain tingkat keberhasilan dan tingkat kegagalan panggilan telepon, tingkat kesuksesan pengiriman SMS, serta kecepatan layanan data seperti saat melakukan browsing, video streaming, dan pengunduhan.

Drive test dilakukan menggunakan kendaraan yang bagian dalamnya dilengkapi dengan laptop, monitor, dan perangkat pemantau sinyal.

Uji jaringan dimulai dari Bandara Adi Sumarmo, Solo. Lokasi tersebut merupakan lokasi sibuk saat musim mudik Lebaran. Uji jaringan juga melewati Candi Prambanan, sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Tengah.

"Kecepatan kendaraan dijaga maksimal 60 kilometer per jam,agar kita bisa mendapatkan data yang lebih akurat," jelas Network Quality Enginner Indosat Danie Boy Martua Panjaitan.

Berdasarkan hasil drive test tersebut akan dilakukan optimasi di beberapa area.

Peningkatan kapasitas jaringan Indosat dilakukan pada seluruh layanan telekomunikasi yang terdiri dari panggilan suara, SMS dan data. Selama mudik, kapasitas trafik panggilan suara ditingkatkan menjadi 1.080 juta menit pe hari, SMS 1,45 miliar SMS per hari, dan data ditingkatkan menjadi 150 terabita per hari.

Secara nasional, hingga triwulan pertama 2013, Indosat melayani 55,9 juta pelanggan dengan didukung 22.097 base transceiver station (BTS).

“Kapasitas tersebut diharapkan mampu mengantisipasi kenaikan trafik yang terjadi”, pungkas Adrian.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik