Unsur-unsur Efektivitas Pembelajaran
Unsur-unsur
Efektivitas Pembelajaran
Untuk menciptakan suasana yang dapat
menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa dan lebih
memungkinkan guru memberikan bimbingan dan bantuan terhadap siswa dalam
belajar, diperlukan pengorganisasian kelas yang memadai. Adapun unsur-unsur
efektivitas pembelajaran tersebut meliputi:
a. Bahan Belajar
Bahan belajar dapat berwujud benda dan
isi pendidikan. Isi pendidikan tersebut dapat berupa pengetahuan, perilaku,
nilai, sikap dan metode pemerolehan.
b. Suasana Belajar
Kondisi gedung sekolah, tata ruang
kelas, dan alat-alat belajar sangat mempunyai pengaruh pada kegiatan belajar.
Disamping kondisi fisik tersebut, suasana pergaulan di sekolah juga sangat
berpengaruh pada kegiatan belajar. Karena guru memiliki peranan penting dalam
menciptakan suasana belajar yang menarik bagi siswa.
c. Media dan Sumber Belajar
Dewasa ini media dan sumber belajar
dapat ditemukan dengan mudah. Sawah percobaan, kebun bibit, kebun binatang,
tempat wisata, museum, perpustakaan umum, surat kabar, majalah, radio, sanggar
seni, sanggar olah raga, televisi dapat ditemukan didekat sekolah. Disamping
itu, buku pelajaran, buku bacaan, dan laboratorium sekolah juga telah tersedia
semakin baik dan berkembang maju.
Secara singkat, dapat dikemukakan bahwa
guru dapat membuat program pembelajaran dengan memanfaatkan media dan sumber
belajar diluar sekolah. Pemanfaatan tersebut, dimaksudkan untuk meningkatkan
kegiatan belajar-mengajar, sehingga mutu hasil belajar semakin meningkat.
d. Guru sebagai Subyek Pembelajar
Guru adalah subyek pembelajar siswa. Sebagai
subyek pembelajar, guru berhubungan/ berinteraksi secara langsung dengan siswa.
Sebagaimana mestinya setiap individu mempunyai karakteristik, motivasi belajar
siswa yang berbeda-beda. Atas hal tersebut, maka guru dapat menggolongkan motivasi
belajar siswa dengan melakukan penguatan-penguatan pada motivasi instrumental,
motivasi sosial, motivasi berprestasi, dan motivasi intrinsik siswa.