Pengertian Manajemen Kelas
Pengelolaan merupakan
terjemahan dari kata “Management“. Karena terbawa oleh derasnya arus
penambahan kata pungut kedalam Bahasa Indonesia, maka istilah Inggris tersebut
kemudian di Indonesiakan menjadi “Manajemen“. Arti dari Manajemen adalah
pengelolaan, penyelenggaraan, ketatalaksanaan penggunaaan sumber daya secara
efektif untuk mencapai tujuan/ sasaran yang diinginkan. Maka, dapat disimpulkan
bahwa pengelolaan/ manajemen adalah penyelenggaraan atau pengurusan agar
sesuatu yang dikelola dapat berjalan dengan lancar, efektif dan efisien.
Sebelum kita membahas tentang Manajemen
Kelas, alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa pengertian daripada
kelas itu sendiri. Didalam Didaktik terkandung suatu pengertian umum mengenai
kelas, yaitu sekelompok siswa pada waktu yang sama menerima pelajaran yang sama
dari guru yang sama pula. Sedangkan kelas menurut pengertian umum dapat
dibedakan atas dua pandangan, yaitu pandangan dari segi fisik dan pandangan
dari segi siswa.
Disamping itu, Hadari Nawawi juga
memandang kelas dari dua sudut, yakni :
a.
Kelas dalam arti sempit : ruangan yang dibatasi oleh empat dinding, tempat sejumlah siswa
berkumpul untuk mengikuti Proses Belajar Mengajar. Kelas dalam pengertian
tradisional ini, mengandung sifat statis karena sekedar menunjuk pengelompokan
siswa menurut tingkat perkembangannya, antara lain berdasarkan pada batas umur
kronologis masing-masing.
b.
Kelas dalam arti luas : suatu masyarakat kecil yang merupakan bagian dari masyarakat sekolah,
yang sebagai satu kesatuan diorganisir menjadi unit kerja yang secara dinamis
menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang kreatif untuk mencapai suatu
tujuan.
Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa
kelas diartikan sebagai ruangan belajar atau rombongan belajar, yang dibatasi
oleh empat dinding atau tempat peserta didik belajar, dan tingkatan (grade).
Ia juga dapat dipandang sebagai kegiatan belajar yang diberikan oleh guru dalam
suatu tempat, ruangan, tingkat dan waktu tertentu.
Setelah berbicara tentang pengertian
dari Manajemen dan Kelas diatas, maka dibawah ini para ahli pendidikan
mendefinisikan Manajemen Kelas, antara lain :
DR. Hadari Nawawi berpendapat bahwa Manajemen Kelas diartikan sebagai kemampuan guru
atau wali kelas dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan
yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang
kreatif dan terarah, sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan
secara efisien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan
kurikulum dan perkembangan murid.Dari uraian diatas jelas
bahwa program kelas akan berkembang bilamana guru/wali kelas mendayagunakan
secara maksimal potensi kelas yang terdiri dari tiga unsur yaitu ; guru, murid, dan proses atau dinamika
kelas.
Johanna Kasin Lemlech, dalam bukunya Drs. Cecep Wijaya & Drs. A. Tabrani Rusyan mengatakan bahwa “Classroom
management is the orchestration of classroom life : planning curriculum,
organizing procedures and resources, arranging the environment to maximize
efficiency, monitoring student progress, anticipating potential problems.“
Menurut definisi ini, yang dimaksud dengan Manajemen Kelas adalah usaha
dari pihak guru untuk menata kehidupan kelas dimulai dari perencanaan
kurikulumnya, penataan prosedur dan sumber belajarnya, pengaturan lingkungannya
untuk memaksimumkan efisiensi, memantau kemajuan siswa, dan mengantisipasi
masalah-masalah yang mungkin timbul.
Dr. Suharsimi Arikunto berpendapat bahwa “Manajemen Kelas adalah suatu usaha yang dilakukan
oleh penanggung-jawab kegiatan belajar-mengajar atau yang membantu dengan
maksud agar dicapainya kondisi yang optimal, sehingga dapat terlaksana kegiatan
belajar seperti yang diharapkan.”
Drs. Syaiful Bahri Djamarah berpendapat bahwa “Manajemen Ke-las
adalah suatu upaya memberdayagunakan potensi kelas yang ada seoptimal mungkin
untuk mendukung proses interaksi edukatif mencapai tujuan pembelajaran.”
Dari beberapa pendapat para ahli diatas
dan masih banyak lagi pendapat yang lain, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
Manajemen Kelas merupakan upaya mengelola siswa didalam kelas yang dilakukan
untuk menciptakan dan mempertahankan suasana/kondisi kelas yang menunjang
program pengajaran dengan jalan menciptakan dan mempertahankan motivasi siswa
untuk selalu ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di
sekolah.