Tujuan Manajemen Kelas
Tujuan Manajemen Kelas pada hakikatnya
telah terkandung dalam tujuan pendidikan, baik secara umum maupun khusus.
Secara umum tujuan Manajemen Kelas adalah penyediaan fasilitas bagi
bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional dan
intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa untuk
belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan,
suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap, serta
apresiasi para siswa.
Adapun tujuan dari Manajemen Kelas adalah sebagai berikut :
a.
Agar pengajaran dapat dilakukan
secara maksimal, sehingga tujuan pengajaran dapat dicapai secara efektif dan
efisien.
b.
Untuk memberi kemudahan dalam
usaha memantau kemajuan siswa dalam pelajarannya. Dengan Manajemen Kelas, guru
mudah untuk melihat dan mengamati setiap kemajuan/ perkembangan yang dicapai
siswa, terutama siswa yang tergolong lamban.
c.
Untuk memberi kemudahan dalam
mengangkat masalah-masalah penting untuk dibicarakan dikelas demi perbaikan
pengajaran pada masa mendatang.
Jadi, Manajemen Kelas dimaksudkan untuk
menciptakan kondisi didalam kelompok kelas yang berupa lingkungan kelas yang
baik, yang memungkinkan siswa berbuat sesuai dengan kemampuannya. Kemudian,
dengan Manajemen Kelas produknya harus sesuai dengan tujuan yang hendak
dicapai. Sedangkan tujuan Manajemen Kelas secara khusus dibagi menjadi dua
yaitu tujuan untuk siswa dan guru.
Tujuan Untuk Siswa:
a.
Mendorong siswa untuk
mengembangkan tanggung-jawab individu terhadap tingkah lakunya dan kebutuhan
untuk mengontrol diri sendiri.
b.
Membantu siswa untuk mengetahui
tingkah laku yang sesuai dengan tata tertib kelas dan memahami bahwa teguran
guru merupakan suatu peringatan dan bukan kemarahan.
c.
Membangkitkan rasa tanggung-jawab
untuk melibatkan diri dalam tugas maupun pada kegiatan yang diadakan.
Maka dapat disimpulkan bahwa tujuan
daripada Manajemen Kelas adalah agar setiap anak dikelas dapat bekerja dengan
tertib, sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien.
Tujuan Untuk Guru:
a.
Untuk mengembangkan pemahaman
dalam penyajian pelajaran dengan pembukaan yang lancar dan kecepatan yang
tepat.
b.
Untuk dapat menyadari akan
kebutuhan siswa dan memiliki kemampuan dalam memberi petunjuk secara jelas
kepada siswa.
c.
Untuk mempelajari bagaimana
merespon secara efektif terhadap tingkah laku siswa yang mengganggu.
d.
Untuk memiliki strategi remedial
yang lebih komprehensif yang dapat digunakan dalam hubungan dengan masalah
tingkah laku siswa yang muncul didalam kelas.
Maka dapat disimpulkan bahwa agar setiap
guru mampu menguasai kelas dengan menggunakan berbagai macam pendekatan dengan
menyesuaikan permasalahan yang ada, sehingga tercipta suasana yang kondusif,
efektif dan efisien.