Pages

Kamis, 02 Mei 2013

permasalahan yang terjadi pada laptop


Written By Samiyo Dindin on Saturday, March 23, 2013 | 11:55 PM

ada bermacam macam maslaah yang kerap terjadi pada laptop. karena tentu saja dari setiap orang untuk perawatan berbeda sehingga menimbulkan permasalahan yang berbeda pula pada laptopnya. apa lagi sekarang merk dan type laptop yang sangat beragam, membuat perbandingan kualitas dari satu product dengan produk yang lain jadi tidak sama.

disini saya akan sedikit sharing tentang pendapat saya tentang laptop. khususnya trouble yang sering dialami laptop. bukan hanya laptop saja sebenarnya tapi netbook atau orang bilang lepi itu juga hampir sama dalam ciri ciri kerusakannya.

1. laptop cepat panas

processor pada laptop akan terus bekerja sehingga menimbulkan panas. maka untuk antisipasinya di ciptakanlah pasangannya yaitu fan atau kipas processor. kipas processor akan berputar bila suhu dalam laptop memang sudah tidak stabil atau berada di garis normal.

di tengah tengah kedua benda tersebut ada semacam pasta atau gel yang berfungsi untuk mendinginkan processor. namun seiring waktu tentu saja akan kering. atau juga habis. inilah yang kadang membuat laptop cepat panas.
harga motherboad laptop murah

kemudian maslah yang kedua adalah karena jalur pembuangan udara terhambat. kipas akan selalu berputar membuang hawa panas dan mengeluarkan panas. maka dari itu sering terjadi pada tembaga yang berfungsi untuk ventilasi tertutup oleh debu. jika masih dini debu itu akan hilang akan tetapi lain halnya jika sudah 3 tau 5 tahun laptop tidak pernah di bersihkan pasti akan menjadi semacam busa. ini sangat beresiko laptop mati total. contoh kasus adalah pada laptop hp 430. untuk kasus hp 430 bisa lihat cara memperbaiki laptop mati total untuk mencari solusinya.

2. sering hang atau ngeblang

ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kejadian ini anda alami. misal saja karena ram yang kotor, hdd yang bad sector atau memang prosesor terlalu panas yang di kenal dengan laptop mengalami over heat.

penyebab utama biasanya adalah karena ram dan processor yang tidak beres. antisipasi yang dapat di pilih adalah rutin untuk membawa laptop ke bengkel atau service center untuk di cek kesehatannya. tidak hanya ketika sakit saja baru di bawa ke tukang service, namun sehatpun harus tetap di periksakan.

3.loading lama dan sering not responding

ini juga kasus yang baru saja saya alami pada laptop teman saya. awal mulanya dia membeli laptop normal dan bagus. namun setelah habis masa garansi ada keluhan bahwa booting dan kinerja laptop jadi lambat. saya coba ceck pada virus dan systemnya ternyata normal.

namun setelah cek pada hdd ( harddisk ) ternyata terdapat bunyi klotak klotak atau lebih tepatnya tik tik tik seperti detikan jam. akhirnya ketemu. hdd sudah bad sector. saran saya jika anda mengalami masalah yang sama sebaiknya ganti hdd anda sebelum data yang terdapat didalamnya hilang karena hdd mati total. namun jika hanya booting yang lama bisa baca cara mengatasi booting lama siapa tahu bisa membantu menyelesaikan maslah tersebut.

4. laptop setelah led power nyala mati lagi

pada bebrapa type laptop toshiba memang seperti itu. yaitu ketika kita tekan tombol power tidak langsung nyala di lcd namun led power sempat nyala sebentar kemudian mati lagi tanpa sempat keluar biosnya.

cara mengatasinya tidak begitu sulit ( jika belum masuk masalah motherboard laptop ) yiatu hanya reset bios . cara ini terbukti pada laptop toshiba 640. untuk type lain masih belum test.mungkin di kesempatan posting kedepan akan saya share.

5.lcd retak

bongkar lcd laptop
probl;e ini sering di jumpai ketika laptop pernah jatuh. maka lcd akan bergaris atau hanya sebelah saja yang tampil. saya pernah membaca kalau ada cara pakai software untuk membenarkan ini. akan tetapi karena ini masalah yang terjadi pada hardware solusi yang bisa diambil adalah ganti dengan yang baru. harga led atau lcd biasanya berkisar antara Rp. 500.000,- sampai Rp 750.00,- tergantung merk dan generasi. untuk lcd biasanya masih diatas 800 ribu.

6. keyboard error

ini adlah masalah kecil yang wara wiri menyerang laptop atau notebook. ada saja tombol yang tidak mau berfungsi dan macet. misal saja tombol U, F, V, T, J dsb. untuk detail masalah keyboar baca postingan di sini .

7. System rusak.

frekuensi install ualng laptop dengan keyboard yang error hampir sama. namun masih banyak install ulang. permasalahan yang kerap menyebabkan laptop harus di flash ulang atau di inul ( install ulang ) adalah karena virus. ada bebrbagai jenis virus yang kerap membuat windows jadi error. ada virus lnk, shorcut dan lain lain. namun selain mengganti os ada cara lain untuk memperbaikinya selengkapnya ada cara membersihkan virus laptop.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik