Pages

Kamis, 02 Mei 2013

Penyebab Kerusakan Keypad handphone

Karena kotor atau korosi yang disebabkan oleh sisa air atau embun yang sudah membentuk karat dan menghalangi tombol saat ditekan. Cirinya tombol tersebut masih dapat berfungsi tetapi harus ditekan kuat.
2. Karena penggantian casing yang bukan original atau akibat casing yang ukuran tombol keypadnya tidak cocok.
3. Ada Jalur keypad yang terputus. Biasanya tombol yang tidak berfungsi tidak hanya satu tombol, bisa terjadi 4 tombol dan semuanya tidak dapat ditekan.
4. Konektor tombol keypad (yang menghubungkan keypad ke mesin hape) kotor, atau renggang. Masalah ini sering terjadi pada hape yang keypad-nya terpisah dari mesin.
5. CPU dan driver keypad mengalami retak pada kaki IC nya di jalur tombol keypad. Yang disebabkan oleh benturan keras atau kerak pada kaki IC.
5 Cara Menangani Kerusakan Keypad
1. Bila keypad susah ditekan tetapi masih bisa berfungsi, solusinya cukup membuka casing hape lalu bersihkan tombol keypad yang bermasalah dengan penghapus pensil.
2. Bila kerusakan karena penggantian casing sebaiknya kita cari casing yang KW1 atau original. Memang sedikit mahal tetapi tidak menimbulkan masalah.
3. Jika keypad tidak berfungsi karena ada jalur yang putus, solusinya adalah dengan melakukan jumper pada jalur tesebut dan panduannya dengan membaca skema jalur. Jika belum mengerti, mintalah bantuan pada teknisi yang sudah profesional.
4. Jika kerusakan hanya karena renggang kita cukup mengencangkan baut hape dengan obeng.
5. Untuk masalah CPU dan driver yang rusak, sebaiknya hape ini harus ditangani oleh teknisi yang benar-benar ahli dibidangnya. Karena jika salah dalam penanganan, hape bisa mati total karena IC CPU jika diangkat oleh teknisi yang tidak mengerti dan kurang berpengalaman bisa menjadi gatot alias gagal total secara permanen.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik