Pages

Jumat, 03 Mei 2013

Pengertian Tentang Islam



Pengertian Tentang Islam
            Sebelum kita berbicara tentang ruang lingkup Islam terlebih dahulu perlu kita fahami arti perkataan islam itu sendiri, kata Al-Islam menurut para pakar lingist bahasa arab dinyatakan berasal dari kata “Aslama” berarti “Patuh” dan “menyerahkandiri” kata ini berakar pada kata “Slim” berarti “selamat sejahtera” mengandung pengertian “Damai”. Berarti orang yang menyatakan dirinya islam atau berserah diri, tunduk dan patuh pada penciptanya disebut “muslim”.
Al-qur”an mempergunakan kata islam diberbagai tempat dengan pengertian yang sama. Seperti pada surat Al-Imran ayat 19 mengatakan
ِنَّ الِّديْنَ عِنْدَ اللهِ اْلإِسْلاَمُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِيْنَ أُوْتُوْا الْكِتَبَ إِلاَّ مِنْ بَعْدِ مَا جَآءَ هُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ

             Sesunguhnya agama (yang diridloi) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisi orang-orang yang telah diberi Al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka,”.

Apa yang dimaksud dengan islam dijelaskan juga dalam Al-qur’an surat Al-Baqarah ayat 131
إِذْ قَالَ لَهُ رَبُّهُ أَسْلِمْلا قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعلَمِيْنَ

             “Ketika Tuhannya berfirman kepadanya (Ibrahim) “Serahkan dirimu”
Ia menjawab “aku menyerahkan diriku kepada Tuhan Ssemesta alam”.
            Demikianlah analisa pengertian Islam, yang Pada intinya adalah berserah diri, tunduk, patuh, dan taat pada Allah SWT. Islam sebagai agama wahyu yang memberi bimbingan kepada manusia tentang segala aspek kehidupan dunia dan akherat dapat diibaratkan seperti jalan yang lurus (shiratal mustaqim)jalan yang menunjukkan umat manusia menuju keselamatan dunia dan Akherat.

0 komentar:

Poskan Komentar

silahkan memberi komentar terhadap artikel diatas

 
Design by panduan teknisi | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | panduan mikrotik